detikhealth

Ganti Makanan dengan Jus Buah Bisa Bantu Turunkan Bobot? Cek Faktanya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 17/05/2017 14:03 WIB
Ganti Makanan dengan Jus Buah Bisa Bantu Turunkan Bobot? Cek FaktanyaFoto: thinkstock
Jakarta, Jus buah memang bertekstur kental dan bisa mengenyangkan. Tak heran jika asupan ini sering dijadikan pengganti menu makan berat, terutama pada mereka yang sedang program menurunkan berat badan.

Namun faktanya, bisakah jus buah dijadikan pengganti makan demi tubuh langsing? Menurut juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, Marina Chaparro, RD, jawabannya adalah tidak bisa.

"Meski tinggi serat, makanan tetap tidak bisa digantikan dengan jus. Jika Anda mengganti jadwal makan dengan konsumsi jus saja, maka Anda cenderung akan cepat lapar lagi dan malah kekurangan nutrisi tertentu," ujar Chaparro.

Baca juga: Bantu Kontrol Nafsu Makan, Biru Jadi Warna Ideal untuk Dapur

Chaparro menjelaskan, jus pada dasarnya tetap minuman dan minuman tidak bisa dijadikan pengganti makanan utuh. Saat Anda lapar kembali dan tetap menahan tidak makan, maka tubuh akan semakin akan kekurangan energi.

"Terlebih jika Anda mengandalkan jus kemasan yang biasanya mengandung tinggi gula. Kadar gula darah bisa melonjak dan membuat Anda semakin ingin mengonsumsi makanan manis lain terus-terusan," imbuhnya.

Pada pekan awal Anda mengganti makanan berat dengan jus, penurunan berat badan memang mungkin terjadi. Namun Chaparro menegaskan kondisi ini umumnya hanya bersifat sementara. Berat yang turun adalah massa air, sehingga mudah naik kembali.

"Setelah satu atau dua pekan menjalani kebiasaan seperti itu, berat badan berangsur-angsur akan naik lagi," tutur Chaparro.

Baca juga: Tak Cuma Bikin Kenyang, 4 Camilan Ini Juga Bantu Bakar Lemak


(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit