detikhealth

Fidget Spinner Dicurigai Bisa Mengandung Timbal Berbahaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 12/06/2017 09:35 WIB
Fidget Spinner Dicurigai Bisa Mengandung Timbal BerbahayaFidget spinner, terutama yang terbuat dari logam bisa mengandung timbal berbahaya. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Fidget spinner adalah mainan yang kini tengah populer di antara kalangan anak-anak dan orang dewasa muda. Bentuknya seperti piringan cakram kecil dengan bearing yang bisa berputar dan disebut bisa membantu meningkatkan fokus.

Nah di pasaran ada banyak fidget spinner bisa ditemukan dengan variasi bearing dan bahan berbeda-beda. Terkait hal tersebut laporan tidak resmi terbaru menyebut orang tua harus hati-hati karena bisa jadi beberapa jenis fidget spinner mengandung logam timbal berbahaya.

Advokat pencegahan keracunan timbal, Tamara Rubin, mengetahuinya setelah melakukan eksperimen pada 11 alat fidget spinner. Tamara diketahui tidak berafiliasi dengan universitas atau institusi riset manapun.

Baca juga: Benarkah Fidget Spinner Bermanfaat untuk Penyandang Autisme dan ADHD?

"Saya meminjam fidget spinner selama sehari atau dua hari, kemudian saya tes barang konsumen ini dan membagihan hasilnya dalam video atau di blog saya," Kata Tamara seperti dikutip dari Live Science, Senin (12/5/2017).

Dalam tes yang dilakukan oleh Tamara dua dari 11 fidget spinner terbukti memiliki timbal dalam tingkat berbahaya yaitu sekitar 19 ribu ppm. Sementara itu batas aman timbal yang diizinkan untuk mainan anak-anak hanya sekitar 90 ppm.

Tamara mengatakan dua fidget spinner dengan timbal yang tinggi kemungkinan karena salah satunya memiliki variasi lampu LED (light-emitting diode) yang telah rusak, pecah keluar.

Bila sebuah mainan memiliki timbal yang tinggi, anak dikhawatirkan akan tidak sengaja mencernanya. Ketika timbal masuk ke tubuh dan terus menumpuk bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal, otak, dan hati.

Tamara namun tidak menyebut bahwa semua fidget spinner berbahaya. Temuannya hanya untuk mengimbau agar orang tua lebih berhati-hati memastikan bahwa apa yang dikonsumsi oleh anak merupakan barang yang aman.

Gillian Miller dari Ecology Center, Michigan, berkomentar bahwa ia sendiri tidak terkejut dengan temuan Tamara. Fidget spinner terutama yang terbuat dari logam bisa saja mengandung kandungan timbal yang tidak teregulasi tergantung dari mana asalnya.

"Saya tidak terkejut bila ditemukan sejumlah kecil fidget spinner yang dites mengandung timbal," pungkas Gillian.

Baca juga: Hati-hati, Bagian Fidget Spinner Ini Bisa Bikin Tersedak(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close