detikhealth

Doyan Kuliner, Salah Satu Kunci Sehat Obama?

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 30/06/2017 10:33 WIB
Doyan Kuliner, Salah Satu Kunci Sehat Obama?Selama di Yogyakarta, Obama sempat menyantap beberapa menu khas yang tak hanya enak tetapi juga sehat. (Foto: REUTERS/Pius Erlangga)
Jakarta, Hari ini mantan Presiden AS, Barack Obama akan mengakhiri kunjungannya di Yogyakarta. Selama di Yogyakarta, Obama menyempatkan diri untuk menyantap berbagai menu khas.

Seperti saat berkunjung ke Bantul, Presiden AS ke-44 itu mencicipi mi lethek. Setelah mengunjungi Candi Prambanan, Obama juga menikmati urap Bali dari sayuran organik hasil kebun di restoran Bumi Langit.

Malamnya, Obama berkunjung ke Sasanti Restaurant and Gallery dan memesan Nasi Campur Nusantara yang terdiri atas nasi putih dengan lauk dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu udang bakar sambal matah, rendang wagyu, kering kentang, buntil salmon, ikan woku dan kerupuk udang.

Seperti dikutip dari detikfood, saat berada di Sasanti, Obama dan Michelle juga terlihat menyukai tahu dan tempe goreng yang disajikan hangat, bahkan memesan lagi.

Dalam berbagai artikel disebutkan, Obama adalah pecinta beragam jenis makanan. Sebuah studi yang dilakukan Food and Brand Lab dari Cornell University di tahun 2015 menemukan, orang yang gemar mencoba beragam kuliner atau yang mereka sebut sebagai 'adventurous eaters' tergolong lebih sehat dibanding mereka yang enggan mencoba makanan baru.

Orang-orang ini juga tercatat lebih rajin berolahraga dan lebih peduli pada kesehatan makanan yang diasupnya.

Menariknya, food lover mempunyai BMI atau indeks massa tubuh yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak gemar melakukannya, terlepas dari banyaknya makanan yang mereka konsumsi karena kebiasaan kuliner tersebut.

"Temuan ini membuktikan, bersikap terbuka dengan mencoba berbagai makanan baru merupakan salah satu cara untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan, daripada hanya terpaku pada satu diet yang ketat," tandas peneliti, Brian Wansink.

Baca juga: Aneka Manfaat Sehat Makan Sayur: Bikin Langsing Sampai Awet Muda

Layaknya orang Amerika kebanyakan, Obama juga dikenal menggembari burger, hot dog, pizza dan makanan cepat saji sejenis. Hanya saja Obama lantas mengimbanginya dengan makanan sehat, utamanya sayuran.

Beberapa jenis sayuran yang pernah disebut Obama sebagai kesukaannya adalah bayam dan brokoli. "Di keluarga saya, sayuran dimasak dengan cara direbus. Yang pasti jika Anda terbiasa makan sayur, Anda telah membentuk kebiasaan baik yang akan berguna untuk seumur hidup Anda," katanya dalam sebuah kesempatan dan dikutip dari Telegraph.

Sejak saat itu, Obama belajar bahwa makanan sehat juga bisa terasa enak. Kebiasaan ini kemudian lestari di dalam keluarganya sendiri, apalagi Michelle juga memiliki pola makan sehat.

Bahkan ketika mampir ke restoran Italia favoritnya, Obama selalu memesan pizza dengan topping sayuran di atasnya.

Baca juga: Menu Diet Mantan Presiden AS Barack Obama yang Bisa Anda Tiru

Studi lain yang dilakukan The Karolinska Institute, Stockholm juga menyebut, perokok dan mantan perokok yang rutin mengonsumsi sayur dan buah mengalami penurunan risiko kanker paru hingga 40 persen.

Seperti kita tahu, Obama dulunya juga perokok dan baru bisa berhenti di pertengahan masa jabatannya sebagai Presiden AS. Menurut peneliti, antioksidan yang dimiliki oleh buah dan sayuran diyakini dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat rokok.

Tak hanya itu, konsumsi sayur dan buah secara rutin setiap hari juga membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker pada perokok maupun mantan perokok.

Baca juga: Menutup Malam di Yogya Obama Nikmati Nasi Campur Nusantara dan Tempe Goreng(lll/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit