detikhealth

Ampuh Turunkan Berat Badan, Diet Keto Dulunya untuk Obati Epilepsi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 13/07/2017 14:05 WIB
Ampuh Turunkan Berat Badan, Diet Keto Dulunya untuk Obati EpilepsiDiet ketogenik untuk mengobati epilepsi/Foto: thinkstock
Jakarta, Diet ketogenik mulai menjadi tren diet super ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun sebelum diet ini diterapkan untuk menurunkan berat badan, diet yang satu ini ternyata sebagai terapi epilepsi.

Seperti dikutip dari WebMD, diet ketogenik merupakan salah satu pengobatan epilepsi yang sudah ada sejak dulu. Diet ketogenik adalah pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak, di mana diet ini menghasilkan kadar keton dari metabolisme pembakaran lemak yang diketahui bisa mengurangi terjadinya serangan epilepsi.

Baca juga: Apa Itu Diet Ketogenik?

Pendapat sama disampaikan juga oleh spesialis gizi klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK, bahwa diet yang dikenal dengan sebutan diet keto ini tidak diperuntukkan untuk orang sehat, melainkan untuk terapi berbagai penyakit.

"Diet keto adalah diet dengan komposisi yang tidak untuk orang sehat, tidak untuk orang normal. Kita menggunakan diet keto itu pada berbagai penyakit," kata dr Friastuti.

"Pada kondisi-kondisi tertentu, anak yang epilepsi, kemudian orang yang karena kelainannya sering menderita kejang," sambung dr Friastuti.

Menurut dr Friastuti, untuk orang sehat sebaiknya mengikuti anjuran pola makan dari Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan yaitu makan dengan setengah sayuran, seperempat karbohidrat dan sepertempat lauk.

Baca juga: Apa Sih Bedanya Diet Ketogenik dengan Diet Ketofastosis

(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit