detikhealth

Ingin Hemat Air, Politikus Ini Hanya Mandi Tiga Hari Sekali

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 22/09/2017 11:05 WIB
Ingin Hemat Air, Politikus Ini Hanya Mandi Tiga Hari SekaliUntuk menghadapi krisis air, politikus Afrika Selatan Helen Zille mengaku hanya mandi tiga hari sekali. Orang-orang pun mempertanyakan kebersihannya. Foto: BBC
Jakarta, Akses air bersih merupakan masalah serius yang harus dihadapi oleh masyarakat di Afrika Selatan. Pemerintah setempat bahkan menerapkan aturan di mana satu orang tak boleh menggunakan air lebih dari 87 liter per hari.

Menanggapi hal tersebut salah satu politikus Afrika Selatan, Helen Zille, mengambil langkah drastis mengaku bahwa ia hanya mandi tiga hari sekali. Studi menyebut bahwa memang rata-rata orang bisa menghabiskan 62 liter air sekali mandi selama delapan menit.

Baca juga: Demi Hemat Air, Orang-orang Disarankan Pipis di Bawah Shower

"Saya mandi dengan singkat tiga hari sekali dan sisanya melap diri di wastafel. Saya biasanya setiap hari cuci rambut tapi sekarang kalau sedang mandi saja, dampak negatifnya jelas terlihat," kata Helen seperti dikutip dari BBC, Jumat (22/9/2018).

Melihat apa yang Helen lakukan banyak orang bereaksi. Sebagian merasa jijik mempertanyakan kebersihannya dan sebagian lagi menghargai melihatnya sebagai bentuk pengorbanan terutama bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang memang sudah kesulitan sebelum ada krisis.

"Saya menganggap rambut berminyak di tengah musibah kekeringan ini sebagai sebuah status simbol sama seperti mobil yang berdebu," kata Helen.

Menurut departemen perairan setempat, tingkat cadangan air di waduk-waduk Western Cape berada di angka 35 persen. Jumlah tersebut berkurang drastis dibandingkan tahun sebelumnya pada waktu yang sama yaitu 61 persen.

Baca juga: Bagi Warga Belakang Padang, Air Bersih Sama Berharganya dengan Emas

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit