detikhealth

Sulit Menghindari Junk Food? Begini Prosesnya Beralih ke Makanan Sehat

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Sabtu, 30/09/2017 13:00 WIB
Sulit Menghindari Junk Food? Begini Prosesnya Beralih ke Makanan SehatBegini prosesnya beralih dari junk food ke makanan sehat/Foto: iStock
Jakarta, Sebutkan lima makanan favoritmu! Mungkin setengah atau mungkin seluruh daftarnya tergolong makanan yang kurang sehat. Meskipun tahu makanan ini bisa berdampak buruk bagi tubuh, namun sulit ya rasanya menumbuhkan rasa cinta pada makanan sehat.

Tapi, semua bisa dilakukan kok. Caranya? Dengan menerapkan tips dari Elliot Berkman profesor psikologi dari University of Oregon seperti yang dikutip dari Daily Mail.

1. Menambahkan makanan sehat pada makanan favorit
Ketika memilih makan dengan menu junk food, katakanlah burger, tentunya akan sangat mudah untuk tidak berbelok arah mengganti menu lain. Akan tetapi, saat memutuskan untuk makan salad sayur yang lebih sehat ada saja menu lainnya yang mampu menggesernya dari pilihan teratas.

Jika memang menyukai burger, kenapa tidak belajar mencintai makanan sehat dengan memanfaatkan makanan favoritmu? Tambahkan menu sehat misalnya sayur seperti selada dan tomat untuk membiasakan lidah menikmati makanan sehat.

Baca juga: Meskipun Kurus, Wanita yang Rutin Konsumsi Junk Food Berisiko Kanker

2. Beri bumbu
Identiknya, makanan sehat dikaitkan dengan makanan hambar tanpa bumbu. Padahal makanan sehat bisa kok didapatkan dengan rempah-rempah yang juga sebenarnya pun baik untuk kesehatan. Tambah cuka, bawang putih atau bahan lainnya bisa menumbuhkan pikiran makanan sehat juga tetap bisa enak.

3. Cari tahu makanan sehat favoritmu
Jika pasangan menyukai brokoli belum tentu kamu juga menyukainya. Kalau memang tidak suka jangan dipaksakan, kamu bisa kok mencari alternatif brokoli dengan sayur yang lebih kamu suka. Setelah mengetahui apa yang kamu suka, tingkatkan intensitas memakan bahan makanan tersebut.

4. Mengenalkan makanan sehat ke lingkungan
Akan lebih mudah untuk menerapkan gaya hidup sehat jika orang sekitar juga melakukan hal yang sama. Apabila kamu seorang ibu rumah tangga, mulai sekarang kamu bisa membiasakan diri untuk menyajikan makanan sehat kepada keluargamu.

5. Biasakan cemilan dengan makanan sehat
Suka makan manis saat sedang nyemil? Ganti menu dengan makanan sehat yang diolah dengan menarik. Misalnya dengan membuat salad buah yang disiram dengan greek yogurt di atasnya. Sehat sekaligus enak kan?

Baca juga: Gemar Junk Food, Obama Bakar Kalori dengan Cara Ini

(up/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit