detikhealth

Apakah Kandungan Gula pada Buah Bisa Bikin Gemuk?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 30/09/2017 15:25 WIB
Apakah Kandungan Gula pada Buah Bisa Bikin Gemuk?Kandungan gula alami pada buah tidak menyebabkan kegemukan/Foto: Thinkstock
Jakarta, Sirup jagung tinggi fruktosa atau high fructose corn syrup merupakan pemanis buatan yang terbuat dari sirup jagung. Nama ini mungkin sering Anda lihat pada kandungan bahan-bahan yang tercantum pada kemasan makanan atau minuman ringan.

Namun studi terbaru menunjukkan bahwa sirup jagung tinggi fruktosa memiliki efek negatif pada kesehatan seseorang dan menyebabkan penambahan berat badan. Tapi bagaimana dengan fruktosa pada buah-buahan yang dianggap sebagai camilan sehat?

Seperti dilansir dari laman Times of India, gula dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu sukrosa, glukosa dan fruktosa. Fruktosa adalah gula alami yang biasa ditemukan pada buah dan sayuran dengan kandungan tinggi serat. Kandungan tinggi serat ini membuat proses sekresi fruktosa menjadi lebih panjang dan proses metabolismenya bergantung pada organ hati dengan sarana enzim fruktokinasi.

Baca juga: Bisa Sampai Umur 91 Tahun, Begini Pola Makan Bos Playboy Hugh Hefner

Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen endokrinologi dan diabetes di University of Minnesota, AS, mengatakan bahwa fruktosa yang terjadi secara alami pada buah dan sayuran merupakan komponen sederhana dari asupan energi dan tidak perlu dirisaukan.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa fruktosa dari buah tidak menghasilkan lonjakan insulin yang sama yang dihasilkan oleh glukosa atau sukrosa. Sehingga gula alami pada buah segar yang tinggi air dan tinggi serat tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan secara ekstrem.

Baca juga: 10 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Diet (2)(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit