detikhealth

Alasan untuk Tidak Sarapan Donat di Pagi Hari

Erika Kurnia - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 06:28 WIB
Alasan untuk Tidak Sarapan Donat di Pagi HariFoto: iStock
Jakarta, Banyak orang berpikir makan apapun di pagi hari lebih baik daripada tidak sama sekali. Akibatnya, berbagai bentuk makanan sering dilahap untuk mengisi perut, terutama makanan manis seperti donat yang banyak dijual di pasaran.

Sarapan adalah waktu makan yang penting dipenuhi untuk menaikkan energi, juga untuk kurangi nafsu makan di siang hari.

"Jika Anda melewatkan sarapan pagi, kemungkinan besar Anda akan membuat pilihan makanan yang buruk di kemudian hari karena Anda lapar," kata Paul Gately, seorang profesor olahraga dan obesitas di Universitas Leeds Beckett, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (12/10/2017).

Baca juga: Mau Turun Berat Badan? Jangan Lupa Tetap Sarapan dan Pilih Menu Tepat

Namun, jika Anda memulai hari dengan donat atau kue manis, misalnya, Anda hanya akan mendapatkan lonjakan gula darah dan makanan manis ini kebanyakan tidak memiliki manfaat nutrisi yang nyata.

"Bagi mereka yang mencoba mengikuti diet sehat, makan makanan manis di pagi hari bisa membuat hari mereka buruk. Sementara itu, beberapa orang mungkin mewajarkan kebiasaan makan mereka yang salah. Kalau sudah begitu, saya akan mengatakan lebih baik menghindari sarapan yang tidak sehat saat sarapan dan berjanji untuk makan siang lebih awal dan sehat," tuturnya.

Pekan lalu, sebuah studi di Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa orang-orang yang tidak sarapan atau sarapan dengan makanan rendah energi setiap hari lebih cenderung mengalami pengerasan arteri.

Para periset mengatakan bahwa tidak makan sarapan merupakan indikasi gaya hidup yang tidak sehat, namun mereka menambahkan: "Penelitian ini memberikan bukti bahwa ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat dilakukan secara proaktif untuk mengurangi risiko penyakit jantung," pungkasnya.

Baca juga: Jam Sarapan, Makan Siang dan Malam yang Dianjurkan Ahli Gizi

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit