detikhealth

Artikel 18+

Ukuran Mr P Menyusut? Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Erika Kurnia - detikHealth
Selasa, 31/10/2017 18:35 WIB
Ukuran Mr P Menyusut? Ini Bisa Jadi PenyebabnyaBagi Anda kaum laki-laki, apakah belakangan ini menyadari perubahan pada Mr P? Jika mengecil, kira-kira apa penyebabnya? Foto: thinkstock
Jakarta, Bagi Anda kaum laki-laki, apakah belakangan ini menyadari perubahan pada Mr P? Contohnya perubahan pada panjangnya yang menyusut tiba-tiba.

Menyusutnya penis yang disebut burried penis atau penis terkubur ini merupakan salah satu kelainan genital laki-laki. Selain pada anak-anak, yang umumnya dipicu kesalahan saat penyunatan, kondisi ini juga bisa terjadi pada laki-laki dewasa.

"Kondisi penis terkubur ini bisa diidentifikasi ketika penis tidak menonojol keluar," kata Drogo Montague, MD, urologis dari Claveland Clinic, seperti dilansir dari Menshealth, Selasa (31/10/2017).

Pada kasus ekstrim, kondisi ini bukan hanya membuat ukuran penis menjadi lebih menyusut, tapi juga tidak terpendam dan lebih nampak seperti klitoris. Untuk mencapai titik tersebut, biasanya penis akan terus memendek dari waktu ke waktu.

Baca juga: Penis 'Terkubur', Kondisi Ini Juga Bikin Mr P Tampak Mungil

Lalu apa penyebabnya? Pada orang dewasa, kasus ini umumnya dipicu obesitas, kata Dr Montague. Meski ia belum mengetahui seberapa besar angka kejadian penyusutan penis ini, tapi ia mengkhawatirkan angka obesitas yang kian meningkat. "Obesitas sudah menjadi epidemi sekarang ini?" katanya.

"Pada obesitas yang ekstrim, perut yang melebar seolah menelan penis. Penis akan tertarik ke dalam dan menelan dua pertiga bagian yang harusnya berada di luar," jelasnya.

Selain karena obesitas, beberapa kondisi lainnya juga bisa menyusutkan ukuran penis. Menurut Dr Montague, hal lain yang bisa menjadi faktor seperti setelah operasi pengangkatan prostat dan penyakit Peyronie akibat cedera penis.

Baca juga: Beragam Masalah di Kemaluan Hitler, Mikropenis Hingga Zakar Tak Turun(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit