detikhealth

Rekayasa Genetik Pertama Pada Manusia Hidup Dilakukan di AS

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 20/11/2017 08:20 WIB
Rekayasa Genetik Pertama Pada Manusia Hidup Dilakukan di ASMark tengah menjalani terapi eksperimen untuk mengubah informasi genetiknya. (Foto: BBC)
Jakarta, Brian Madeux (44) dari Arizona, Amerika Serikat, diberitakan menjadi pasien pertama uji coba terapi rekayasa genetik pada manusia hidup. Brian sendiri memiliki penyakit langka bernama Hunter's syndrome yang disebabkan oleh mutasi genetik.

"Saya kesakitan setiap detik setiap hari... Sejujurnya saya tidak pernah berpikir bisa hidup sampai di atas usia 20 tahun," ujar Brian dikutip dari BBC, Senin (20/11/2017).

Baca juga: Ini Dia Babi Rekayasa Genetik Pertama untuk Transplantasi Manusia

Orang-orang dengan Hunter's syndrome terlahir tanpa genetik yang menginstruksikan suatu enzim untuk memecah molekul gula bernama mucopolysaccharides. Akibatnya tubuh terus menimbun mucopolysaccharides yang bila dibiarkan dapat merusak berbagai organ dan berujung fatal.

Hingga saat ini pasien dengan Hunter's syndrome hanya bisa mendapatkan terapi enzim seumur hidupnya untuk memecah molekul gula mucopolysaccharides.

Nah pada kasus Brian ia mendapatkan terapi eksperimen di mana tim dokter dari UCSF Benioff Children's Hospital mencoba menyunting informasi genetiknya. Dengan menggunakan dua 'gunting' molekular dokter berusaha membuang informasi genetik yang cacat dan memasukkan informasi genetik baru.

dr Chester Whitley selaku salah satu peneliti mengatakan tes rekayasa genetik ini sudah dilakukan pada tikus. Ia yakin bahwa hal yang sama dapat juga diterapkan pada manusia.

"Jika terapi bekerja dengan baik sama seperti pada tikus maka dampaknya akan sangat besar. Saya sangat optimis kita bisa mendapatkan cara yang aman dan efektif untuk memberikan terapi genetik," ungkap dr Chester.

Tes masih terus berjalan dan untuk saat ini Brian mengaku tidak merasakan efek samping yang tidak diinginkan dari terapi.

Baca juga: Ilmuwan Tiongkok Lakukan Rekayasa Genetik Pada Embrio Manusia(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit