detikhealth

Kemenkes Sebut Khasiat Kangen Water Belum Diteliti

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 23/11/2017 18:32 WIB
Kemenkes Sebut Khasiat Kangen Water Belum DitelitiKemenkes sebut bahwa khasiat Kangen Water belum ada penelitiannya. Foto: Getty Images
Jakarta, Beredar berita acara pemeriksaan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengenai Kangen Water, yaitu merek dagang air alkali yang diproduksi mesin Kangen Water diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dihubungi detikHealth melalui saluran telepon, Direktur Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kementerian Kesehatan, Ir Sodikin Sadek, MKes mengatakan bahwa berita acara tersebut benar adanya.

"Betul, pertama itu adalah peran kita, ada brosur iklan yang tidak sesuai bahwa Kangen Water punya surat No. 22 itu dapat pengakuan dari Kemenkes. Tetapi surat itu bukan tentang pengakuan itu, alat untuk water treatment bukan alat kesehatan," jelasnya, Kamis (23/11/2017).

Baca juga: Komentari Kangen Water, Kepala BBPOM DKI Jakarta: Infonya Menyesatkan

Setelah dilakukan investigasi pada pihak distributor, pihak Kemenkes akhirnya meminta untuk ditarik klaim tentang Kangen Water yang menyebutkan bahwa air alkali tersebut bisa menyembuhkan penyakit.

"Iklannya harap ditarik. Hasil dari water treatment untuk mengobati penyakit itu belum ada penelitiannya," tegas Sodikin.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan makanan Jakarta, Dra Dewi Prawita, Apt, Mkes juga mengatakan hal yang serupa.

"Brosurnya itu menyesatkan. Tidak ada air itu untuk obat," ungkap Dewi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Baca juga: Pakar Sebut pH Darah Tidak Berubah Hanya dengan Kangen Water(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close