Jumat, 26 Feb 2016 17:00 WIB

Ilmuwan Sukses Lakukan Pembuahan dengan Sperma Buatan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: admin
Jakarta - Dalam beberapa eksperimen, para ilmuwan telah berhasil menciptakan sperma buatan dari sel punca. Kali ini, ilmuwan sukses melakukan pembuahan pada tikus, dengan sperma buatan.

Diharapkan, teknologi ini kelak bisa diterapkan pada manusia. Jika berhasil dan terbukti aman, maka harapan untuk punya keturunan pada pasangan tidak subur akan semakin menjanjikan.

Diperkirakan 15 persen pasangan punya masalah kesuburan, dan sepertiga di antaranya punya masalah pada produksi sperma.

Dalam sebuah eksperimen, para ilmuwan dari Nanjing Medical University sukses menciptakan sperma dari sel punca (stem cell) embrionik. Sperma buatan tersebut dikawinkan dengan sel telur, dan telah sukses membuahkan anak tikus yang sehat.

Baca juga: Wow, Perusahaan Ini Klaim Sukses Bikin Sperma Manusia Pertama di Lab 

"Kami pikir ini sangat menjanjikan untuk mengobati ketidaksuburan pada pria," kata Dr Jiahao Sha yang terlibat dalam penelitian tersebut, dikutip dari Telegraph, Jumat (25/2/2016).

"Jika terbukti aman dan efektif pada manusia, platform ini sangat potensial menghasilkan sperma yang fungsional untuk pembuahan berbantu dengan teknik IVF (In Vitro Fertilization)," lanjutnya.

Penyebab utama ketidaksuburan pada pria adalah kegagalan sel germinal dalam buah zakar untuk melakukan meiosis. Ini adalah proses pembelahan sel untuk membentuk sperma. Kegagalan pada proses tersebut, selama ini diatasi dengan menggunakan sperma donor.

Baca juga: Bisakah Penis Buatan Mengeluarkan Sperma? Ini Penjelasan Dokter  (up/up)