Rabu, 09 Nov 2016 18:31 WIB

Peneliti Ungkap Kapan Waktu Dorongan Seks Wanita Mulai Turun

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Survei pada 500 wanita berusia 40-75 tahun menunjukkan bahwa di usia yang senja wanita bisa memiliki tingkat kepercayaan diri dan skill yang lebih besar dalam urusan ranjang. Itulah sebabnya mereka bisa lebih menikmati hubungan seks dibanding wanita yang berusia lebih muda.

Namun demikian tetap tak bisa dipungkiri ada penurunan fungsi seksual pada wanita paruh baya karena menopause ditandai dengan penurunan kadar hormon. Kapan tepatnya penurunan tersebut terjadi? Sebuah studi terbaru oleh peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center, Amerika Serikat, mengungkap yaitu sekitar 20 bulan sebelum menopause dan satu tahun setelahnya.

Baca juga: Survei: Wanita Paruh Baya Lebih Bisa Nikmati Seks daripada yang Muda

Dipublikasi dalam jurnal Menopause, pemimpin studi Profesor Nancy Avis mengatakan hal tersebut diketahui setelah peneliti menganalisa data dari 1.390 wanita yang berpartisipasi dalam Study of Women's Health Across the Nation (SWAN) tahun 1996. Para wanita tersebut diminta mengisi kuesioner tentang bebagai aspek fungsi seksualnya lalu dibandingkan dengan kapan mereka terakhir menstruasi.

"Fungsi seksual pada wanita menurun seiring berjalannya usia dan ada banyak perdebatan apakah ini disebabkan menopause itu sendiri, penuaan, atau faktor lain seperti fisik, psikologis, dan sosial," kata Prof Nancy seperti dikutip dari siaran pers Wake Forest Baptist Medical Center, Rabu (9/11/2016).

"Studi kami mendukung bahwa menopause punya efek negatif terhadap fungsi seksual banyak wanita," lanjut Prof Nancy.

Ras atau etnis seseorang juga disebut kemungkinan punya pengaruh dalam penurunan fungsi seksual. Dibandingkan dengan wanita kulit putih, wanita keturunan Afrika-Amerika lebih lambat menurun fungsinya sementara wanita keturunan Asia memiliki penurunan fungsi yang lebih cepat.

Baca juga: Kualitas Bercinta Wanita Menopause Turun? Belum Tentu Hormon Penyebabnya

(fds/vit)