Jumat, 12 Apr 2019 19:00 WIB

Studi Sebut Ganja Bisa Bikin Wanita Lebih Puas Bercinta

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilmuwan meneliti efek ganja pada kehidupan seks (Foto: iStock) Ilmuwan meneliti efek ganja pada kehidupan seks (Foto: iStock)
Jakarta - Menurut studi terbaru yang dipublikasi dalam jurnal Sexual Medicine, konsumsi ganja disebut dapat membuat seorang wanita lebih menikmati momen bercinta. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan survei pada 373 pasien wanita di klinik kandungan.

Ganja jadi topik penelitian karena semakin banyak daerah yang melegalkan penggunaannya untuk rekreasi. Peneliti melihat ganja bisa bekerja pada bagian otak yang terlibat dalam fungsi seksual namun efeknya belum pernah terkonfirmasi.



Dalam studi disebutkan bahwa dari 373 wanita, sekitar 127 orang atau sebanyak 34 persennya pernah menggunakan ganja sebelum bercinta. Nah di antara wanita yang memakai ganja, ada kemungkinan dua kali lipat laporan orgasme yang memuaskan.

"Apa yang baru dari studi ini adalah sudut pandang bahwa narkotik berguna untuk sex... Umumnya narkotik dilihat sebagai faktor risiko. Saya rasa studi ini menandakan bahwa waktu sudah berubah," komentar peneliti NYU Langone Medical Center, Joseph Palmar, seperti dikutip dari Reuters pada Jumat (12/4/2019).

Peneliti menyebut kalau studi memiliki keterbatasan karena hanya melibatkan populasi yang kecil dan tidak terkontrol. Selain itu tidak jelas juga apakah para wanita hanya mengonsumsi ganja atau ada narkotik lain yang mungkin bisa ikut memengaruhi fungsi seksual.

"Masih perlu lebih banyak penelitian, hanya sedikit studi yang berfokus terhadap dampak positif antara ganja dan seks," pungkas Joseph.

(fds/up)