Rabu, 26 Jun 2019 19:32 WIB

Ejakulasi di 'Luar' Sudah Pasti Nggak Hamil? Ini Kata Dokter Kandungan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Benarkah ejakulasi di luar vagina saat seks bisa mencegah kehamilan? Foto: iStock Benarkah ejakulasi di luar vagina saat seks bisa mencegah kehamilan? Foto: iStock
Jakarta - Bagi pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan ada banyak metode kontrasepsi yang dipilih. Salah satu yang dipercaya efektif mencegah kehamilan adalah dengan cara ejakulasi di 'luar'.

Ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur, dr Ardiansjah Dara, SpOG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Jakarta menuturkan bahwa senggama terputus bisa menjadi salah satu upaya mencegah kehamilan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Satu, suami kontrolnya harus lebih bagus. Kalau dia kontrolnya nggak bagus, sudah ejakulasi baru ditarik, telat, istrinya lagi masa subur, istrinya hamil," ujarnya.


"Kedua, mungkin sedikit laki-laki kurang merasa nyaman. Jadi dia kan harus sedikit terkonsentrasi, dia tidak bisa lepas. Tapi itu merupakan salah satu metode kontrasepsi, coitus interruptus namanya. Itu boleh-boleh saja," lanjut dr Dara.

Tapi apakah melakukan senggama terputus alias keluar di 'luar' benar-benar bisa mencegah kehamilan secara 100 persen, atau tetap masih ada peluang kehamilannya, Dok?

"Jelas ada (peluang kehamilan --red), kalo pas telat cabut dan istrinya subur? Istrinya hamil," pungkasnya.



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/up)
News Feed