Kamis, 26 Sep 2019 19:10 WIB

Ups! Ini Alasan Wanita Bisa Kentut Saat Berhubungan Seks

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Wanita bisa mengalami kentut saat seks, baik berasal dari pantat maupun vagina. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Wanita bisa mengalami kentut saat seks, baik berasal dari pantat maupun vagina. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Ketika suasana sedang memanas bersama suami, tiba-tiba saja kamu mengeluarkan suara kentut. Duh, pasti memalukan dan mungkin bisa merusak keintiman bercinta saat itu.

Namun, kentut di tengah berhubungan seks merupakan hal yang lumrah terjadi. Situs Women's Health menyebutkan bahwa kentut adalah refleks tubuh, namun juga bisa disebabkan karena dipicu oleh dorongan terus-menerus (yang terjadi saat penetrasi).

"Vagina dan rektum berada tepat bersebelahan satu sama lain. Sehingga jika kamu mengencangkan ototmu saat seks, rektum mungkin tak dapat menahan kentut seperti biasanya," jelas Kelly O. Elmore, MD, seorang dokter kandungan di California.

Gerakan mendorong di vagina juga bisa meningkatkan tekanan dan mendorong udara keluar sehingga menyebabkan kentut yang berasal dari vagina.


Tapi tenang, ada caranya untuk mencegah kamu kentut di tengah sesi bercinta dengan suami. Dr Elmore mengingatkan apabila kamu merasa kembung sebelum bercinta, besar kemungkinan kamu akan kentut saat bercinta.

Oleh karena itu hindari makanan yang sulit dicerna dan penyebab kembung seperti gluten, kacang-kacangan, produk susu dan sayuran cruciferous seperti brokoli atau kembang kol. Minuman seperti minuman berkarbonasi dan meminumnya menggunakan sedotan juga bisa menambah gas dalam perut.

"Sayuran mungkin sehat, namun ia juga mengandung pati yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Saat mereka tak bisa dicerna, mereka memproduksi gas," terang Niket Sonpal, MD, asisten profesor klinis di Touro College of Medicine.

Selain itu, kamu juga harus menghindari beberapa posisi yang bisa membuatmu mudah kentut seperti spooning dan doggy style yang memberi tekanan pada perut. Jika sudah terjadi kentut, jangan malu untuk mengakuinya dan ketimbang fokus pada hal tersebut, kamu bisa menjadi lebih terbuka dengan pasangan.



Simak Video "Begini Atasi Pertanyaan "Kapan Nikah?" "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)