Jumat, 01 Nov 2019 12:07 WIB

Agar Tak Dikibuli Pacar, Ini Lho 4 Fakta Sel Darah Putih yang Sebenarnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Pendidikan seks rendah, mitos-mitos menyesatkan seputar seks mudah sekali menyebar (Foto: iStock) Pendidikan seks rendah, mitos-mitos menyesatkan seputar seks mudah sekali menyebar (Foto: iStock)
Jakarta - Di Twitter ramai tangkapan layar percakapan WhatsApp yang menceritakan seorang remaja perempuan dikibuli pacarnya soal kelebihan 'sel darah putih'. Tidak diketahui siapa saja yang terlibat dalam percakapan, namun disebutkan sang remaja mau bercerita karena sedang mengunjungi program Pelayananan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).

"PACARNYA (yg laki) KELEBIHAN SEL DARAH PUTIH SEHINGGA HARUS DIKELUARKAN. yaAllah bocah kreatif amat T.T. yg cewe percaya aja, dia ga ngeh kalo yg dikeluarkan itu SPERMA bukan sel darah putih," tulis pesan.

Menanggapi cerita yang viral, beberapa netizen menyinggung kasus ini sebagai contoh pentingnya pendidikan seks. Selain itu penting juga untuk tahu sebetulnya apa sih itu sel darah putih.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta sel darah putih:



1. Ada berbagai macam jenisnya

Sel darah putih adalah sebutan umum untuk berbagai sel darah yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh. Bila diperinci ada sel neutrofil yang berperan sebagai responden cepat dalam kasus infeksi bakteri atau virus, eosinofil berperan melawan parasit, basofil menghasilkan senyawa histamin, limfosit membunuh dan mengingat infeksi, serta monosit yang membersihkan sisa-sisa sel mati.

Tiap sel darah putih tersebut saling membantu dengan fungsinya masing-masing.

2. Tidak benar-benar berwarna putih

Meski sering disebut 'darah putih', bukan berarti darah memiliki warna putih seperti susu. Sebetulnya sel darah putih tidak berwarna alias bening.


Tangkapan layar percakapan soal seks yang dinilai menunjukkan rendahnya pemahaman tentang seks.Tangkapan layar percakapan soal seks yang dinilai menunjukkan rendahnya pemahaman tentang seks. Foto: Tangkapan layar Twitter


3. Diproduksi sumsum tulang

Darimana asal sel darah putih? Jawabannya adalah sumsum tulang dalam sebuah proses bernama hematopoiesis. Semua sel darah memulai perjalannya dari sel punca di dalam tulang.

Seiring berjalannya waktu sel punca yang mulai matang akan menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

4. Kelebihan sel darah putih memang bisa terjadi

Kadang karena kondisi tertentu tubuh dapat memproduksi sel darah putih secara berlebih. Sebagai contoh misalnya pada kasus kanker, penyakit infeksi, hingga kelainan genetik.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)