Senin, 04 Nov 2019 05:01 WIB

Tips Mencegah Iritasi Saat Mencukur Rambut Miss V

Nurul Khotimah - detikHealth
Mencukur sembarangan bikin Miss V iritasi (Foto: thinkstock) Mencukur sembarangan bikin Miss V iritasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Rambut kemaluan memang tidak mutlak harus dipangkas, tapi dibiarkan panjang sering kali menyebabkan rasa tidak nyaman. Dengan begitu sesekali perlu dirapikan atau dicukur.

Untuk mencukur rambut kemaluan, khususnya pada perempuan, perlu teknik yang tepat agar Miss V tidak iritasi. Dikutip dari Women's Health Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencukur rambut kemaluan tanpa takut iritasi:



1. "Mulailah dengan mandi air hangat dan basuh vagina dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka dan folikel rambut lunak, sehingga mencukur jadi lebih mudah," kata Jessica Shepherd, MD, penasihat WH dan pendiri Her Viewpoint.

2. Bersihkan area vagina menggunakan pembersih bebas sulfat yang lembut, idealnya dengan minyak yang melembabkan seperti kernel aprikot dan kelapa.

3. Berikan krim cukur atau gel untuk melindungi kulit saat mencukur. Krim cukur atau gel yang dioleskan membuat kulit lebih lembut dan menghindari iritasi. Carilah yang mengandung panthenol, bahan yang bertindak sebagai humektan dan mengunci kelembapan sehingga kulit dan sisa rambut atau tunggul terasa lebih.



4. Gunakan pisau cukur baru setiap kali mencukur atau mengganti pisau cukur Anda secara teratur, sekitar setiap sepuluh kali cukur, karena pisau tumpul dapat menyebabkan luka bakar, gundukan merah dan goresan.

5. Gerakkan pisau cukur ke arah yang sama dengan pertumbuhan rambut Anda. "Ini dapat membantu mengurangi peluang mendapatkan rambut yang tumbuh ke dalam," kata Dr. Katharine White MD, penasihat Kesehatan Wanita dan associate professor of obstetrics and ginecology di Boston University.

6. Oleskan minyak atau moisturaizer akan mengondisikan folikel kulit dan rambut dan membantu mencegah gatal.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)