Kamis, 25 Jun 2020 20:30 WIB

Bibir Miss V Berubah Warna? Ternyata Ini Penyebabnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Bibir Miss V bisa berubah warna (Foto: iStock)
Jakarta -

Warna labia atau bibir vagina bisa berubah. Faktanya, ada beberapa faktor yang dapat mengubah warna bibir vagina.

Dikutip dari Helloflo, seiring bertambahnya usia, organ reproduksi wanita juga mengalami pertumbuhan, dari warna hingga bentuk. Warna bibir vagina berubah menjadi lebih gelap karena peningkatan hormon estrogen pada wanita.

"Labia atau bibir vagina mengalami perubahan selama masa pubertas dan sering menjadi lebih menonjol atau berubah bentuk," kata The Labia Library, organisasi nirlaba yang terkait dengan Women's Health Victoria.

"Ini normal sama seperti perubahan lain yang terjadi selama pubertas. Mereka terus berubah karena adanya perubahan hormon dan bertambahnya usia," lanjutnya.

Selain itu, bibir vagina juga bisa berubah menjadi lebih gelap saat berhubungan seks. Namun, perubahan warna ini tidak terjadi secara permanen.

"Tidak ada bukti bahwa labia mengalami perubahan warna secara permanen akibat berhubungan seks," kata Dr Toli Onon, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynecologists.

"Selama orgasme, labia akan membesar karena adanya penumpukkan darah, yang akan membuat mereka menjadi tampak lebih besar dan lebih gelap, tetapi ini tidak akan bertahan lama," tuturnya.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)