Kamis, 16 Jul 2020 19:45 WIB

5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Pasangan Setelah Berhubungan Seks

Ayunda Septiani - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. 5 hal yang harus diperhatikan sebelum bercinta. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Sebelum memulai aktivitas seksual, persiapan mulai membersihkan diri sampai membangun keintiman dan suasana hati cukup penting dilakukan. Setelah berhubungan seksual, biasanya pasangan akan melanjutkannya dengan mengobrol ringan hingga terlelap.

Tapi ada hal penting lain yang juga tak kalah penting dilakukan setelah bercinta. Tak bisa dipungkiri bahwa risiko pertukaran bakteri bisa terjadi saat berhubungan seksual. Namun ada beberapa hal yang bisa mencegahnya.

Dikutip dari dari berbagai sumber, berikut 5 hal penting yang harus kamu lakukan setelah berhubungan seksual, apa saja?

1. Kenakan busana longgar

Setelah bercinta, sebaiknya kamu kenakan busana yang longgar. Pilih busana berbahan katun yang bisa menyerap keringat. Setelah bercinta, biasanya suhu di dalam tubuh meningkat sehingga keringat bisa menjadi sarana bakteri dan jamur berkembang biak.

Untuk menghindari iritasi, kamu bisa kenakan busana yang longgar untuk memudahkan sirkulasi udara sehingga kulit tidak lembab.

2. Cek kondom

Penggunaan kondom menjadi sangat penting, terutama pada pasangan yang belum berencana untuk memiliki anak. Cek kondom kamu setelah bercinta jika ada kebocoran. Jika terjadi kebocoran, sebaiknya kamu langsung kunjungi dokter kandungan.

3. Jangan abai dengan rasa sakit

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami rasa sakit yang berkelanjutan, keputihan yang tidak wajar, dan pendarahan.

"Jangan abaikan jika terjadi pendarahan tidak wajar atau keputihan setelah berhubungan intim. Ini bisa jadi gejala infeksi atau lesi pada saluran reproduksi," kata ahli ginekologi, Sheeva Talebian seperti dikutip dari laman Femina.

4. Bersihkan daerah intim

Bersih-bersih menjadi salah satu hal yang harus muncul di kepala setelah bercinta dengan pasanganmu. Tak perlu mandi, kamu cukup membersihkan area genitalia dengan air bersih.

5. Buang air kecil

Selain membersihkan area genitalia setelah bercinta, kamu juga perlu membuang air kecil setelah bercinta.

Uretra terletak berdekatan dengan organ intim kewanitaan. Hal ini membuatnya rentan mengalami infeksi selama berhubungan seks.

Buang air kecil akan mengeluarkan bakteri atau kuman sumber penyakit dari saluran kencing kamu. Kamu pun bisa terhindar dari infeksi saluran kencing.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)