Senin, 27 Jul 2020 19:32 WIB

Wanita Wajib Tahu, Ini 4 Makanan dan Minuman untuk Jaga Kesehatan Miss V

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi perawatan vagina (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Vagina merupakan salah satu aset yang penting bagi wanita. Karena itu, menjaga kesehatan vagina adalah suatu hal yang penting.

Cara merawat vagina pun terbilang cukup mudah. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan bakteri atau senyawa yang baik untuk kesehatan vagina.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 makanan dan minuman yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan vagina.

1. Yogurt

Dikutip dari Health Shorts, kandungan bakteri lactobacillus pada yogurt memiliki manfaat dalam menjaga tingkat keasaman atau pH vagina agar tetap seimbang.

Menurut sebuah studi yang telah diterbitkan di Journal of Antimicrobial Chermotherapy, rutin mengonsumsi yogurt dapat menghilangkan bau tak sedap pada vagina.

2. Sayuran fermentasi

Sayuran yang telah difermentasi juga mengandung bakteri lactobacillus. Beberapa sayuran fermentasi, seperti kimchi dan asinan kubis bisa kamu pilih untuk dikonsumsi agar kesehatan vagina tetap terjaga.

Namun, perlu diingat untuk tidak memilih makanan yang telah melalui proses pemanasan atau pasteurisasi. Sebab, proses tersebut dapat membunuh bakteri yang diperlukan oleh vagina.

3. Jus cranberry

Dikutip dari New York Post, meski buah cranberry mungkin jarang diketahui oleh banyak orang, tetapi jus buah ini memiliki manfaat untuk mencegah atau mengobati penyakit infeksi saluran kemih.

Sayangnya, kandungan gula berlebih pada jus buah cranberry dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri. Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan air yang cukup banyak agar konsentrasi gula pada jus tersebut dapat berkurang.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa katekin yang dapat membantu melawan infeksi saluran kemih. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi teh hijau setiap hari agar vagina terjaga kesehatannya.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)