Selasa, 28 Jul 2020 19:30 WIB

Kapan Mr P Mulai Tumbuh dan Berhenti Membesar?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
An unrecognizable mans hands hold a tape measure to the crotch of his jeans, checking size or growth with his forefinger. Ilustrasi penis. (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi sebagian pria, ukuran penis adalah suatu hal yang penting. Ukuran penis yang besar dan panjang diyakini bisa lebih memuaskan wanita saat berhubungan seks.

Tentu setiap pria memiliki ukuran penis yang berbeda-beda. Tapi, tahukah kamu kapan penis mulai tumbuh dan berhenti membesar?

Dikutip dari Healthline, sebagian besar pria mengalami pertumbuhan penis pada masa pubertas, yakni rentang usia 9-14 tahun. Meski begitu, penis akan tetap tumbuh hingga usia 18 atau 19 tahun.

Tingkat pertumbuhannya pun bervariasi pada setiap pria. Menurut sebuah studi di tahun 2010, rata-rata pertumbuhan penis pada setiap pria adalah kurang dari 1,5 centimeter per tahun dari usia 11-15 tahun, setelahnya pertumbuhan penis akan mulai mengalami perlambatan hingga usia 19 tahun.

Selain itu, faktanya ukuran penis pada setiap pria di masing-masing wilayah juga bisa berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor, dari kadar hormon hingga genetik.

"Ukuran normal penis dari sisi medis itu sesuai dengan rata-rata statistik. Biasanya untuk orang Asia itu statistik normalnya 9,7 hingga 15,1 centimeter," kata dr Heru Harsojo Oentoeng, MRepro, SpAnd, dari RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta dalam wawancara beberapa waktu lalu.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)