Selasa, 04 Agu 2020 19:14 WIB

Kapan Waktu Terbaik Berhubungan Seks usai Melahirkan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Kapan waktu terbaik berhubungan seks usai melahirkan? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Proses kehamilan dan melahirkan secara alami mengubah tubuh wanita. Pasca melahirkan, perubahan hormon dapat membuat jaringan vagina menjadi lebih tipis dan sensitif.

Jadi kapan waktu terbaik untuk berhubungan seks usai melahirkan?

Pasangan biasanya disuruh menunggu enam pekan setelah melahirkan sebelum kembali berhubungan seks. Namun penelitian menyoroti tidak ada waktu yang spesifik untuk tiap orang.

Pengalaman postpartum setiap wanita berbeda. Wanita yang membutuhkan jahitan saat melahirkan mungkin berpikir enam pekan terlalu cepat. Namun wanita yang proses persalinannya lancar bisa saja siap berhubungan seks lebih cepat.

Meski tidak ada batas waktu yang pasti berapa lama harus menunggu untuk berhubungan seks usai melahirkan, pakar kesehatan tetap merekomendasikan untuk memberi waktu jeda sebelum kembali bercinta.

Dikutip dari WebMD, risiko mengalami keluhan saat berhubungan seks setelah melahirkan sangat tinggi di dua pekan pertama. Adapun keluhan yang dimaksud antara lain kekeringan vagina, robekan pada vagina dan kelelahan.

Ada beberapa cara untuk meringankan rasa tidak nyaman saat berhubungan seks setelah melahirkan, seperti menggunakan pelumas. Ini bisa membantu jika pasangan mengalami kekeringan pada vagina.

Saat berhubungan seks pasca melahirkan, jangan sungkan untuk berdiskusi dengan pasangan tentang apa yang Anda rasakan. Berikan pijatan atau lakukan foreplay sebelum sesi bercinta agar pasangan bisa merasa rileks.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)