Kamis, 06 Agu 2020 21:00 WIB

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Bercinta? Ini Penjelasannya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Bercinta membakar kalori. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Pernahkah Anda berpikir bahwa gym dan sesi bercinta sama-sama mengeluarkan keringat, sehingga Anda lebih memilih melakukan sesi bercinta dengan pasangan dibandingkan ke tempat gym.

Tidak sedikit yang percaya bahwa berkeringat saat berhubungan seks akan membakar kalori dalam tubuh. Benarkah demikian?

Para ilmuwan di University of Montreal tahun 2013, meminta 21 pasangan untuk memakai pelacak kebugaran SenseWear saat mereka bercinta. Sebagai pembanding, pasangan tersebut juga berlari di atas treadmill selama 30 menit.

Hasilnya adalah pria membakar sekitar 100 kalori selama sesi bercinta, sedangkan wanita sekitar 69 kalori. Pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat sesi bercinta, sementara wanita membakar 3,1 kalori per menit.

Pria mungkin lebih memiliki energi dan aktif secara fisik saat sesi bercinta karena terlihat membakar kalori lebih banyak.

"Pria lebih berat daripada wanita, dan karena itu, pengeluaran energi pria akan lebih tinggi untuk latihan yang sama," Antony Karelis. PhD, Profesor departemen pendidikan jasmani di Universitas du Quebec.

Secara total, jumlah kalori yang terbakar saat sesi bercinta jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga, yaitu sekitar 276 kalori.

Hasil penelitian juga menemukan rata-rata waktu pasangan melakukan hubungan seks adalah sekitar 25 menit. Oleh karena itu, peneliti berasumsi bahwa semakin sedikit sesi bercinta yang dilakukan maka semakin dikit juga kalori yang terbakar.

Namun penelitian lain menyimpulkan bahwa hubungan seks sama sekali bukan termasuk aktivitas berolahraga. Oleh karena itu, jika Anda sedang menjalani kegiatan gym untuk membakar kalori di tubuh jangan pernah menggantikannya dengan sesi bercinta.



Simak Video "Beraksi 'Bunny Hop' dan 'Fakie' dengan Freestyle Scooter! "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)