Kamis, 13 Agu 2020 21:45 WIB

3 Aroma Tak Biasa yang Menandakan Miss V Sedang Tidak Sehat

Defara Milenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi vagina Bau Miss V yang tidak normal bisa menandakan masalah kesehatan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Vagina menjadi salah satu anggota tubuh yang harus diperhatikan karena rawan berbagai masalah kesehatan seperti infeksi. Umumnya, kesehatan vagina dapat tercium dari aroma yang dikeluarkan. Jika aroma berbau busuk dan menyengat, tandanya vagina tidak sehat.

Bau vagina memang berbeda-beda tergantung pada kelembapan. Lantas, apa ciri-ciri bau vagina tidak sehat?

Agar tidak penasaran, simak terus penjelasan di bawah ini dikutip dari Healthline:

1. Asam

Berkeringat menjadi salah satu penyebab utama vagina berbau asam. Hal tersebut bisa membuat vagina menjadi lembap dan rentan terkena jamur. Bau ini menjadi tanda bahwa vagina tidak sehat.

Penyebab vagina berkeringat yaitu berolahraga dan keputihan yang berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, jika dirasa area vagina berkeringat segera basuh vagina menggunakan air bersih dan ganti celana dalam.

2. Amonia atau bahan-bahan kimia

Penyebab vagina bau kimiawi atau seperti pemutih yaitu berkembangnya bakteri vaginosis (infeksi). Umumnya, bagi wanita yang terkena infeksi ini akan disertai bau amis, keputihan berwarna hijau, vagina gatal, dan sakit jika buang air kecil.

3. Ikan busuk

Bau busuk pada vagina memang hal yang ditakuti oleh setiap wanita. Bukan hanya mengganggu kenyaman, tetapi bau busuk merupakan tanda bahwa vagina tidak sehat.

Vagina memang rentan terkena bakteri, salah satu penyebab bau busuk yaitu berkembangnya bakteri Trikomoniasis (infeksi menular seksual). Jika bakteri ini berkembang biak di vagina akan mengeluarkan bau busuk dan amis yang menyengat.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)