Kamis, 27 Agu 2020 21:32 WIB

4 Dampak Buruk Keseringan Masturbasi

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi masturbasi Keseringan masturbasi bisa berdampak buruk bagi kesehatan (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Masturbasi sering kali menimbulkan pro dan kontra. Ada yang menganggapnya sebagai penyimpangan, ada juga yang menganggapnya wajar dan bahkan menyehatkan.

Telepas dari banyak persepsi tersebut, masturbasi jika dilakukan terlalu sering juga bisa memicu dampak negatif. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut, dikutip dari Times of India.

1. Cedera pada alat kelamin

Pada umumnya, keseringan masturbasi dapat membuat kulit vagina dan penis menjadi terkelupas. Apabila sudah dalam kondisi parah, bisa menyebabkan penyakit peyronie yang artinya terjadi penumpukan plak di batang penis, sehingga membuat ereksi terasa menyakitkan.

2. Gangguan kesehatan mental

Masturbasi yang berlebihan membuat kamu cenderung menutup diri dari banyak orang, sebab kamu merasa memiliki dunia sendiri setiap kali melakukan masturbasi. Akibatnya, keseringan masturbasi sangat berdampak buruk bagi kehidupan sosialmu.

3. Bumerang bagi kehidupan seks

Masturbasi membantu untuk tetap aktif secara seksual. Akan tetapi jika kamu melakukannya secara berlebihan, hal itu justru menjadi bumerang bagi kehidupan seksual. Kebiasaan masturbasi membuat tubuh terbiasa memberi kepuasan bagi diri sendiri saja. Padahal dalam kehidupan bercinta, kamu juga perlu memuaskan pasanganmu.

4. Kecanduan

Kecanduan akan sesuatu, pastinya memiliki efek jangka panjang. Sama halnya dengan kecanduan masturbasi yang bisa membuat dirimu hilang kendali. Hal ini menyebabkan kamu ingin terus melakukannya lebih dari frekuensi yang wajar. Misalnya, dalam satu hari kamu bisa melakukan masturbasi lebih dari sekali.



Simak Video "55% Orang Tak Patuh Protokol Kesehatan karena Tak Ada Sanksi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)