Minggu, 27 Sep 2020 21:48 WIB

4 Tips Bangkitkan Libido Agar Pasutri Makin 'Buas' di Atas Ranjang

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Ilustrasi pasangan di ranjang Tips membangkitkan libido (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Banyak faktor yang membuat libido atau gairah seks meredup, mulai dari kelelahan fisik hingga terlalu banyak pikiran. Bagi pasangan suami istri, kondisi ini bisa mengacaukan keharmonisan.

Tanpa adanya gairah seks, keintiman bercinta sulit terwujud. Seks jadi sekadar aktivitas rutin biasa, tanpa ada perasaan saling terkoneksi.

Agar aktivita seksual lebih hidup, berikut 4 cara membangkitkan libido, dikutip dari Insider:

1. Kurangi stres

Seksolog dan konselor seks Jess O'Reilly, PhD, mengatakan bahwa stres akan meningkatkan hormon kortisol yang menyebabkan libido menurun dan mengganggu hasrat serta gairah seksual. Sebuah survei yang dilakukan oleh BBC pada 2018 menemukan bahwa 45 persen responden mengaku stres berdampak buruk pada gairah seks mereka.

Belajarlah mengurangi atau mengelola stres dengan meditasi atau olahraga. Mindfulness juga bisa membantu menurunkan stres dan meningkatkan hasrat seksual terutama pada wanita.

2. Kenali pembangkit gairah

Menurut O'Reilly, libido tidak selalu muncul secara spontan. Sebagian orang perlu rangsangan terlebih dahulu untuk membangkitkan gairah seksual.

Ada banyak cara untuk meningkatkan gairah seperti berfantasi, bereksperimen menggunakan sex toys, dan lain-lain.

3. Tidur yang cukup

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Sexual Medicine pada 2019 menemukan bahwa kurang tidur bisa menurunkan libido serta menyulitkan orgasme. O'Reilly juga mengatakan kurang tidur membuat seseorang susah fokus saat bercinta.

4. Hubungi psikolog

Ketika semua cara telah dilakukan tetapi tidak memberikan perubahan dan mengganggu kehidupan seks, tak ada salahnya berbicara dengan psikolog seks. Tidak ada yang perlu malu untuk berbicara tentang kehidupan seks kamu karena dengan begitu kamu bisa mengatasi masalah.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)