Senin, 28 Sep 2020 20:30 WIB

5 Ciri Miss V yang Sehat, Harus Waspada kalau Tak Begini

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi vagina Ciri-ciri vagina yang sehat (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sebagai bagian penting dari sistem reproduksi, kesehatan Miss V harus selalu terjaga. Waspadai dan segera periksakan bila menemukan tanda-tanda yang mencurigakan.

Karena letaknya tersembunyi, vagina memang kerap terabaikan. Terlebih adanya anggapan tabu untuk membicarakannya, sehingga banyak wanita tidak mengetahui perawatan yang benar untuk organ tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, ini 5 ciri-ciri yang menandakan vagina dalam kondisi normal dan sehat:

1. Tidak gatal berlebihan

Praktisi kesehatan di The Ohio State University Wexner Medical Center, Melissa Goist, M D, mengatakan terjadinya rasa gatal di area vulva sangat normal. Dikutip dari Fox News, jika gatal terjadi secara terus-menerus, artinya vagina memiliki masalah kesehatan seperti iritasi.

2. Tidak nyeri

Vagina yang sehat tidak akan terasa sakit dan nyeri. Menurut Goist, rasa sakit atau nyeri pada vagina jangan dianggap sepele karena kemungkinan besar menandakan infeksi pada vagina yang membuatnya terasa nyeri.

3. Tidak berbau menyengat

Vagina yang sehat tidak memiliki bau dan tidak berbau menyengat. Jika vagina memunculkan bau yang tidak wajar seperti bau busuk dan menyengat, hal ini menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada vagina. Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut agar tidak berdampak fatal.

4. Tidak kering

Vagina yang normal bisa dilihat dari kelembapannya. Jika diraba vagina terasa hangat, lembap, dan tidak kering vagina dalam kondisi sehat.

5. Keputihan normal

Vagina yang sehat akan mengeluarkan cairan berwarna putih, licin (tidak terlalu lengket), dan tidak berbau menyengat.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)