Selasa, 29 Sep 2020 18:40 WIB

4 Alasan Tak Perlu Buru-buru Pakai Celana Dalam Usai Bercinta

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Tidak perlu buru-buru mengenakan lagi celana dalam sehabis bercinta (Foto: istock)
Jakarta -

Aktivitas bercinta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, bercinta juga bisa menyebabkan infeksi pada area intim jika mengabaikan kebersihan. Masuknya kuman ke dalam vagina memicu infeksi dan menimbulkan keluarnya keputihan secara berlebihan.

Urusan membersihkan vagina setelah berhubungan seksual sebaiknya tidak disepelekan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kesehatan vagina tetap terjaga

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina setelah bercinta:

1. Buang air kecil

Usai melakukan sesi bercinta, ada baiknya buang air kecil. Meski kontroversial, beberapa pakar meyakini aliran urine akan membantu mengeluarkan bakteri dari uretra sehingga mencegah terjadi Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada wanita. ISK dapat terjadi ketika bakteri yang hidup di vagina tidak sengaja didorong ke dalam uretra selama bercinta.

2. Biarkan organ intim bernapas

Setelah bercinta, ada baiknya kamu mengenakan pakaian longgar agar bisa bernapas dengan leluasa dan tidak menggunakan celana dalam sampai pagi. Melepaskan celana dalam dapat mengurangi potensi vagina terinfeksi bakteri dan memberikan udara bagi vagina agar tidak lembab.

3. Keringkan Miss V

Melakukan hubungan intim membuat vagina terasa sangat basah, dikarenakan keringat dan cairan vagina yang membuat organ intim menjadi lembab. Gunakan handuk kering atau tisu toilet untuk membersihkan. Sebab, bakteri mudah berkembang biak dalam kondisi lembab.

4. Periksa kondisi Miss V

Usai bercinta, perhatian adanya rasa gatal, sakit, atau peradangan yang kamu alami dan seberapa lama gejala tersebut berlangsung. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi terjadi penyakit dalam pada vagina sejak dini.



Simak Video "Dear Cowok, Ini Tips agar Organ Intim Aman saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)