Senin, 28 Sep 2020 19:16 WIB

Penting untuk Bapak-bapak, Ini 5 Penyebab Kulit Mr P Kering dan Kasar

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Ripe yellow banana splashing into clear water, black background Kelembapan kulit Mr P juga harus terjaga (Foto: Prostock-Studio)
Jakarta -

Seperti halnya bagian tubuh lainnya, Mr P juga butuh perawatan. Kulit kering dan kasar merupakan salah satu keluhan yang mengganggu kenyamanan Mr P.

Umumnya, sabun yang terlalu keras menjadi pemicu utama keluhan tersebut. Selain itu, pakaian yang terlalu ketat dan kurang memungkinkan terjadinya sirkulasi juga bisa jadi penyebab.

Dikutip dari Healthline, beberapa penyebab kulit penis kering dan kasar adalah sebagai berikut:

1. Sabun

Penggunaan sabun untuk membersihkan penis harus diperhatikan. Sabun yang mengandung bahan kimia keras akan menyebabkan kulit penis menjadi kering dan kasar.

Jika ingin membersihkan penis, cukup basuh menggunakan air bersih dan jika ingin menggunakan sabun, pilih produk organik (bebas bahan kimia) atau sabun bayi.

2. Alergi lateks

Penis yang alergi terhadap lateks pada kondom akan mengalami kulit kering pada penis. Selain itu, mengalami ruam merah, bengkak, dan gatal pada penis. Untuk mencegahnya gunakan kondom yang bebas lateks (seperti poliuretan atau silikon).

3. Masturbasi tanpa pelumas

Pria maupun wanita akan mengeluarkan pelumas secara alami, tetapi pada kondisi tertentu pelumas tidak keluar dengan banyak sehingga harus menggunakan pelumas tambahan. Menggunakan pelumas bisa membuat masturbasi dan bercinta lebih nyaman. Sebab, kurangnya pelumas selama aktivitas seksual akan menyebabkan kulit kering pada penis.

Agar aman, pilih pelumas bebas bahan kimia yang tidak mengandung paraben karena dapat menyebabkan iritasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Malu Punya Kulit Kering? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]