Rabu, 30 Sep 2020 21:31 WIB

Ingin Miss V Selalu Happy? Ini 4 Hal yang Penting Diperhatikan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Miss V harus selalu dirawat agar selalu happy (Foto: iStock)
Jakarta -

Vagina merupakan salah satu bagian tubuh penting bagi wanita. Maka dari itu, kesehatan vagina perlu dijaga dengan baik agar terhindar dari segala macam penyakit.

Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan vagina. Salah satunya adalah dengan rutin mengganti celana dalam, agar organ kewanitaan tidak menjadi lembab dan menjadi sarang bakteri serta jamur.

Dikutip dari Cosmopolitan, berikut 4 hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan organ kewanitaan tetap terjaga dengan baik.

1. Hindari douching vagina

Sebaiknya jangan sekali-kali mencoba douching vagina. Douching merupakan cara mencuci vagina dengan menyemprotkan larutan pembersih khusus ke dalam vagina.

Hal ini karena kandungan kimia dalam cairan pembersih tersebut justru dapat merusak ekosistem bakteri baik di vagina, yang akhirnya berisiko mengalami infeksi bakteri vagina. Tak perlu khawatir jika vagina terasa kotor, karena organ kewanitaan ini sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri lho.

2. Pantang digaruk saat gatal

Rasa gatal pada vagina memang terasa mengganggu, tetapi ini bukan alasan untuk menggaruknya. Apalagi jika tangan sedang dalam keadaan kotor, karena ini justru bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Rasa gatal bisa diredakan dengan cara membasuhnya dengan air hangat pada area luar vagina. Selanjutnya, gunakan celana dalam berbahan dasar katun yang memiliki pori-pori yang bagus, agar organ kewanitaan bisa 'bernapas' dan mengurangi rasa gatal.

3. Keringkan vagina setelah buang air

Usai membersihkan vagina setelah buang air kecil atau besar sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum kembali menggunakan celana dalam. Pasalnya, jika tidak dikeringkan, vagina akan menjadi lembab dan berisiko tumbuhnya bakteri serta jamur.

Kamu bisa menggunakan tisu yang lembut untuk mengeringkan vagina usai buang air kecil atau besar.

4. Jangan sembarangan masukkan benda ke vagina

Memasukkan benda-benda aneh dan tak wajar ke dalam vagina tentu sangat dilarang, terlebih jika benda tersebut memiliki permukaan yang tajam dan kasar. Pasalnya, bisa membuat vagina menjadi iritasi dan terluka.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)