Rabu, 07 Okt 2020 21:55 WIB

Seks Oral Bisa Tularkan Kanker Tenggorokan! Begini Penjelasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Seks oral bisa menularkan kanker (Foto: iStock)
Jakarta -

Pada dasarnya, kanker bukanlah penyakit yang bisa ditularkan. Namun salah satu pemicunya bisa menular lewat seks oral, yakni Human Papillomavirus atau HPV.

Virus ini memicu berbagai jenis kanker, seperti kanker serviks dan kanker penis. Nah, melalui aktivitas seks oral, virus ini juga bisa menular dan menyebabkan kanker di area mulut dan sekitarnya, termasuk tenggorokan.

"Seks oral ini unik. Risiko terjadinya kanker rongga mulut dan tenggorokan karena itu jadi lebih besar," kata dr Denny Handoyo Kirana, SpOnk-Rad, ahli kanker dari MRCCC Semanggi, saat dihubungi detikcom, Rabu (7/10/2020).

"Kalau orang yang terkena infeksi itu berhubungan, virus itu jadi menular (dari kelamin wanita) ke alat kelamin pria. Lalu, saat melakukan seks oral, maka virusnya itu masuk ke rongga mulut dan juga berisiko pada kanker tenggorokan," jelasnya.

Ditegaskan oleh dr Denny, risiko penyakit kanker akibat seks oral ini bisa dialami oleh siapapun. Risiko ini kemungkinan bisa terjadi dari pria ke wanita maupun sebaliknya.



Simak Video "Pentingnya Lakukan Vaksinasi HPV Sebelum Menikah"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)