Sabtu, 10 Okt 2020 05:27 WIB

Selalu Ereksi Setiap Bangun Tidur, Apakah Normal?

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Ripe yellow banana splashing into clear water, black background Mr P sering ereksi di pagi hari (Foto: Prostock-Studio)
Jakarta -

Kondisi penis ereksi atau 'berdiri' di pagi hari dikenal juga dengan 'morningwood' atau secara ilmiah dikatakan sebagai nocturnal penile tumescence (NPT).

Penis yang ereksi secara spontan sering terjadi saat tidur atau ketika baru bangun. Pada dasarnya kondisi ini normal dan menjadi tanda bahwa penis sehat. Dikutip dari IFL Science, semua pria yang memiliki kondisi penis normal dan tidak mengalami impotensi akan mengalami ereksi selama tidur 3 sampai 5 kali.

Kondisi ini sering terjadi pada pria karena berbagai macam faktor. Misalnya naiknya hormon testosteron yang naik dan membuat Anda terangsang. Hal ini juga dapat dipicu dengan mimpi erotis atau sebagai bentuk relaksasi otak. Tak hanya itu, kontak tidak sengaja selama tidur atau ketika bangun tidur misalnya kontak penis dengan guling juga dapat membuat ada ereksi.

Prof Tobias Kohler, MD, MPH, selaku akademisi program residensi divisi urologi di Southern Illinois University's School of Medicine, menyatakan bahwa jika penis dengan konsisten ereksi di pagi hari atau saat Anda tertidur merupakan hal yang baik bagi tubuh. Hal tersebut membuktikan lancarnya peredaran darah ke penis.

'Morning Wood' biasa dialami oleh berbagai usia namun paling sering terjadi pada usia remaja sampai akhir 30-an karena produksi hormon yang sedan tinggi-tingginya. Makanya, seiring bertambahnya usia, ereksi penis pada pagi hari mengalami penurunan.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)