Senin, 12 Okt 2020 18:37 WIB

Payudara Besar Sebelah, Benarkah Jadi Tanda Kanker Payudara?

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Payudara Benarkah ukuran payudara besar sebelah menjadi tanda kanker payudara? (Foto: Istock)
Jakarta -

Ukuran payudara yang ideal adalah dambaan banyak wanita. Tidak sedikit wanita khawatir saat bentuk payudara besar sebelah meskipun umum terjadi.

Ukuran payudara besar sebelah adalah kekhawatiran umum yang menyelimuti banyak wanita. Salah satu yang mengkhawatirkan yaitu anggapan bahwa payudara besar sebelah merupakan tanda dari kanker payudara.

Kenapa payudara tidak simetris dan besar sebelah?

Dikutip dari WebMD, payudara merupakan jaringan yang melapisi otot dada (pectoral). Payudara juga memiliki jaringan kelenjar susu dan jaringan lemak, pembuluh darah, pembuluh limfa, dan kelenjar getah bening di dalamnya.

Healthline menyebut payudara yang tidak simetris dipengaruhi oleh ukuran, volume, posisi, atau bentuk yang berbeda di setiap wanita. Hal tersebut sangatlah wajar.

Dalam sebuah penelitian, dilaporkan bahwa 25 persen wanita memiliki perbedaan ukuran dua payudara secara tetap. Ditambah ada pengaruh trauma, pubertas, atau perubahan hormonal yang menyebabkan kondisi asimetris tersebut.

Perlu diketahui juga jika jaringan payudara Anda berubah sesuai dengan siklus payudara Anda. Misalnya ketika ovulasi maka payudara cenderung akan terasa lebih penuh. Hal ini membuat payudara terkadang tidak simetris.

Benarkah payudara besar sebelah menjadi tanda terkena kanker payudara?

Perlu diketahui bahwa perubahan ukuran payudara terjadi secara tiba-tiba dan tampak sangat jelas memerlukan konsultasi dengan dokter sebagai deteksi dini dari infeksi, benjolan, kista, atau bahkan kanker.

Dikutip dari WebMD, penelitian yang dipublikasikan Breast Cancer Research ini menyebut payudara besar sebelah diprediksi meningkatkan peluang risiko kanker payudara hingga 50 persen.

Namun, temuan-temuan medis lain melaporkan adanya hubungan antara payudara besar sebelah dengan kanker payudara juga bisa terjadi karena faktor lain. Seperti riwayat keluarga, usia, riwayat reproduktif, gaya hidup dan lain-lain.

Cara pencegahan terbaik adalah dengan melakukan pengecekan terhadap payudara sendiri saat mandi untuk melihat ada atau tidaknya benjolan yang berisiko menjadi ciri-ciri kanker payudara.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)