Minggu, 18 Okt 2020 19:45 WIB

Pada Pria, Golongan Darah Juga Menentukan Risiko Disfungsi Ereksi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Man taking a picture of his penis with a smart-phone. A so-called dick pic Pada pria, golongan darah menentukan disfungsi ereksi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Baru-baru ini heboh temuan peneliti yang menunjukkan golongan darah O lebih kebal COVID-19. Ternyata selain itu, golongan darah juga disebut menentukan risiko disfungsi ereksi.

Dikutip dari Daily Mail, studi menunjukkan pria dengan golongan darah A, B atau AB empat kali lebih mungkin mengidap impotensi atau disfungsi ereksi, dibandingkan pria dengan golongan darah O. Temuan kaitan antara golongan darah dan disfungsi ereksi diyakini memiliki bukti yang kuat.

Bagaimana kaitan golongan darah dengan disfungsi ereksi?

Studi di Ordu University di Turki, menunjukkan banyak orang mungkin berisiko mengalami masalah ereksi hanya karena golongan darah mereka sejak lahir. Peneliti merekrut 350 pria berusia enam puluhan dan membaginya menjadi dua kelompok berdasarkan mereka yang mengalami masalah ereksi atau tidak ada masalah.

Masing-masing memberikan sampel darah untuk memeriksa golongan darah mereka.

Hasil studi yang dimuat dalam Archives of Italian Urology and Andrology, mengungkapkan pria dengan golongan darah A, B atau AB tiga sampai empat kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi di daripada mereka yang bergolongan darah O.

Hanya 16 persen dari golongan darah O yang mengalami masalah disfungsi ereksi, dibandingkan dengan 42 persen golongan darah A.

Bahkan ketika para peneliti memperhitungkan beberapa faktor risiko lainnya, risiko tinggi disfungsi ereksi tetap dialami golongan darah A. Beberapa faktor lain yang diteliti termasuk kebiasaan merokok atau memiliki tekanan darah tinggi.

Namun, masih belum jelas bagaimana orang dengan golongan darah O lebih sedikit mengalami disfungsi ereksi. Tetapi teori bahwa golongan darah tertentu dapat mempengaruhi kesehatan sudah muncul sejak hampir 100 tahun yang lalu.

Sejak saat itu, penelitian telah menyatakan bahwa golongan darah juga menentukan risiko berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung, kanker, kemandulan, dan tukak lambung.



Simak Video "Golongan Darah A Paling Berisiko Terinfeksi Parah Sars-CoV-2"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)