Selasa, 20 Okt 2020 18:27 WIB

Tak Melulu Salah Suami, Ini 4 Alasan Para Istri Susah Orgasme

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi pasangan orgasme Orgasme pada wanita selalu lebih rumit (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Orgasme pada wanita menyimpan sejuta misteri. Ketika seorang wanita susah mendapatkan orgasme, penyebabnya bisa sangat beragam.

Suami yang kurang lihai memuaskan pasangan bisa jadi salah satu alasan. Tetapi yang juga sering terjadi, penyebabnya justru ada pada diri sendiri.

Memahami bahwa orgasme merupakan pencapaian bersama adalah kunci mendapatkan kehidupan seksual yang berkualitas. Lagipula, saling menyalahkan hanya akan berujung pada selisih paham dan juga pertengkaran.

Dikutip dari The Independent, berikut 4 kemungkinan penyebab wanita susah orgasme.

1. Masalah komunikasi

Banyak wanita yang malu dan enggan memberitahu pasangan tentang apa yang diinginkannya. Karena itu, mulailah berkomunikasi dengan pasangan tentang apa yang diinginkan saat bercinta, sehingga membantu untuk mencapai orgasme.

2. Kurang percaya diri

Menurut Kate Moyle, seorang terapis psikoseksual, kurang percaya diri dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat bercinta. Hal ini tentu membuat seorang wanita kesulitan untuk meraih orgasme.

"Pikiran negatif dari rasa kurang percaya diri akan mencegah kita untuk melepaskan kenikmatan dari rangsangan fisik saat berhubungan seks," jelas Kate Moyle.

3. Kurang memahami stimulasi seksual

Banyak wanita yang tidak mengetahui titik tubuh mana yang membuatnya mudah terangsang. Hal ini tentu menyulitkan pasangan karena si wanita sendiri saja, tidak mengerti bagian tubuh mana dari dirinya yang paling mudah merasakan sensasi seksual. Karena itu, pentingnya masturbasi untuk eksplorasi tubuh sendiri.

4. Masalah mental

Stres, depresi, dan cemas sangat berkontribusi untuk menghambat pencapaian klimaks. dr Shree Datta, spesialis ginekolog mencurigai faktor gangguan mental ini bisa disebabkan oleh konflik dalam hubungan dengan pasangan.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)