Kamis, 22 Okt 2020 20:37 WIB

Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks, Ini Manfaatnya

Elsa Himawan - detikHealth
Woman sitting in the toilet Buang air kecil setelah berhubungan seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa pakar menganjurkan untuk buang air kecil, terutama untuk wanita. Berbeda dengan penis, organ intim wanita memiliki jarak yang lebih pendek antara saluran kemih dengan organ seksual.

Karena itu, paparan virus infeksi menular seksual (IMS) akan lebih cepat menyebar pada alat reproduksi wanita. Meski demikian, pria juga dianjurkan pipis usai bercinta agar mengurangi risiko Infeksi Menular Seksual (IMS).

Seorang ahli ginekologi, dr Alyssa Dwec, mengatakan manfaat lain dari buang air kecil setelah berhubungan seksual adalah membantu mengurangi kemungkinan terkena infeksi saluran kemih.

"Dengan buang air kecil sesudah berhubungan seks, aliran urine secara mekanis akan langsung membersihkan bakteri yang masuk ke uretra," kata Dweck, dikutip dari Insider.

Dikutip laman Healthline, dianjurkan untuk buang air kecil kurang dari 30 menit setelah sesi bercinta berakhir. Upaya ini dilakukan untuk menghindari bakteri tidak masuk dan menyebar lebih jauh ke dalam alat kelamin.

Namun, ada pengecualian untuk tidak perlu buang air kecil, jika tidak terjadi penetrasi saat berhubungan seksual. Misalnya ketika melakukan seks oral seks atau masturbasi.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)