Senin, 26 Okt 2020 21:09 WIB

Pria dengan Golongan Darah Ini Lebih Bisa Diandalkan Soal Ereksi

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi ereksi Golongan darah mempengaruhi ereksi? (Foto: iStock)
Jakarta -

Darah jelas merupakan komponen penting dari ereksi. Jika darah tidak cukup lancar mengalir ke penis, kamu tidak akan bisa mendapatkan ereksi dengan baik. Namun, apakah golongan darah juga mempengaruhi ereksi seorang pria?

Dikutip dari laman Men's Health, sebuah peneliti dari Turki setuju bahwa golongan darah bisa mempengaruhi ereksi seorang pria. Dalam studi yang dilakukan, mereka menemukan bahwa pria dengan golongan darah O secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami disfungsi ereksi dibandingkan mereka dengan tipe darah A, tipe B, atau golongan AB.

Faktanya, pria bergolongan darah A dan B memiliki kemungkinan sekitar 4 kali lebih besar untuk menderita disfungsi ereksi, dibandingkan pria bergolongan darah O. Sedangkan pria dengan golongan darah AB memiliki risiko hampir 5 kali lipat.

Argumen itu diperkuat dengan para ilmuwan yang mengungkapkan bahwa beberapa golongan darah, terutama AB lebih mudah terserang penyakit jantung, kolesterol yang lebih tinggi, dan pembekuan darah. Masalah tersebut kemungkinan dapat berhubungan dengan disfungsi ereksi.

Selain itu, penelitian juga memaparkan bahwa disfungsi ereksi akan lebih dahulu terjadi, sebelum muncul masalah penyakit jantung. Itu karena arteri di penis jauh lebih kecil daripada arteri di sekitar jantung, sehingga lebih mungkin menunjukkan efek dari kerusakan atau penumpukan terlebih dahulu.

Golongan darah A dan tipe B diperkirakan memiliki tingkat adesi molekul yang lebih tinggi dalam darah mereka, sehingga meningkatkan risiko penumpukan plak di arteri. Hal ini dapat memengaruhi aliran darah, baik ke jantung dan penis yang menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan disfungsi ereksi.

Ada juga kemungkinan bahwa komponen genetik lain dari golongan darah A dan B dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, yang dapat mengganggu proses biologis yang diperlukan untuk mendapatkan ereksi.

Namun, penelitian-penelitian tersebut belum memberikan kesimpulan yang kuat. Oleh sebab itu, apapun golongan darahnya yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat. Sebab, pola hidup sehatlah yang secara nyata menentukan kualitas ereksi seseorang.

Bila seorang pria kecanduan rokok, obat-obatan, dan alkohol, ataupun mengalami obesitas, maka apapun golongan darahnya, ya tetap saja bisa mengalami disfungsi ereksi.



Simak Video "Golongan Darah A Paling Berisiko Terinfeksi Parah Sars-CoV-2"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)