Sabtu, 31 Okt 2020 22:00 WIB

Ini Alasan Rambut Kemaluan Cenderung Lebih Kasar dan Keriting

Thalitha Yuristiana - detikHealth
ilustrasi vagina Alasan rambut kemaluan lebih kasar dan keriting. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Rambut kemaluan memiliki banyak manfaat mulai dari melindungi vagina dari kotoran, debu sampai infeksi mikroba. Rambut kemaluan memiliki ciri khas yaitu lebih lebat dan bertekstur kasar dibandingkan rambut lain yang ada di tubuh.

Melansir dari MensHealth, dokter spesialis kulit dan anggota American Academy of Dermatology, dr Marc Glashofer menjelaskan bahwa tekstur dan kelebatan yang berbeda tersebut karena fungsi dari rambut kemaluan sebagai pelindung.

Pada wanita, rambut kemaluan bertindak sebagai penyangga dan pelindung organ intim dari penyakit, seperti infeksi saluran kemih (ISK), infeksi bakteri atau jamur, penyakit seksual menular, vaginitis dan selulitis. Rambut kemaluan juga berfungsi untuk mengurangi gesekan saat berhubungan seks dan aktivitas lainnya. Selain itu, keberadaan rambut kemaluan juga membuat alat kelamin tetap hangat dan dapat memerangkap hormon feromon, sehingga bisa menjaga gairah seksual.

Selain lebih lebat, rambut kemaluan juga cenderung keriting. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh kelenjar keringat di sekitar area selangkangan. Faktor lain yang menyebabkan rambut kemaluan menjadi keriting yaitu karena pengaruh pakaian sehari-hari.

Marc menjelaskan bahwa bentuk rambut kemaluan yang lebat dan keriting memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, bila ingin mencukur rambut kemaluan, ada baiknya Anda sisakan sedikit sebagai upaya perlindungan di area vagina. Ketika membersihkan rambut kemaluan dianjurkan untuk menggunakan air mengalir. Jika diperlukan menggunakan sabun, maka pilihlah sabun yang memiliki pH yang sesuai dengan daerah kemaluan.



Simak Video "Sudah Direhab Masih Terjerumus Narkoba, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)