Senin, 02 Nov 2020 18:40 WIB

Gairah Seks Turun Usai Menikah, Apa yang Harus Dilakukan?

Kanya Anindita - detikHealth
Gairah seks Gairah seks turun usai menikah? Ini kemungkinan penyebabnya. (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi pasutri, kesibukan yang padat dan stres berlebihan dapat membuat gairah seks jadi berkurang. Gairah seks sulit muncul apabila pasangan terlalu lelah secara mental maupun fisik.

Terdapat perbedaan besar antara jeda hubungan seks yang normal dengan pernikahan tanpa hubungan seks. Pernikahan tanpa hubungan seks terjadi apabila pasangan hanya berhubungan seksual beberapa kali dalam setahun atau tidak pernah berhubungan seks sama sekali. Beberapa ahli menyebutkan, 6 bulan tanpa hubungan seks dapat diartikan sebagai "sexless marriage".

Bukan berarti pernikahan tanpa hubungan seks menandakan pasangan tidak bahagia. Itu semua tergantung pada persepsi dan sudut pandang tiap pasangan. Ada beberapa dari mereka yang merasa bahagia tanpa perlu berhubungan seksual.

Masalah finansial adalah penyebab paling umum dalam minimnya gairah untuk berhubungan seks. Akibat masalah tersebut, banyak pasangan yang tidak berhubungan badan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Bagaimana cara mengatasinya?

Berdiskusi dengan pasangan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi "sexless marriage". Katakan dengan sejujurnya tentang perasaan dan pikiran masing-masing. Mengabaikan komunikasi akan semakin menambah masalah di luar hubungan seks.

Apabila sudah menemukan titik permasalahannya, segera cari solusi untuk menyelesaikannya. Jika stres dan kesehatan mental pemicunya, coba temukan hal-hal yang dapat membuat keadaan kembali menyenangkan dan tunjukkan rasa sayang dengan pasangan.

Selain itu, memperbanyak sentuhan fisik juga dapat meningkatkan gairah seksual, seperti memeluk, menyentuh tubuh, bahkan mencium pasangan. Jika hal-hal di atas tidak bisa memperbaiki masalah, cobalah konsultasikan dengan psikolog.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)