Rabu, 04 Nov 2020 18:31 WIB

Ibu-ibu! Jangan Lewatkan 7 Makanan Ini Biar Payudara Tetap Sehat dan Kencang

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi payudara Makanan yang bisa bikin payudara tetap sehat dan kencang. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Pola hidup, makanan yang dikonsumsi, dan pikiran yang positif dapat membuat payudara tetap sehat dan kencang. Ahli diet dan pendiri Higher Ground Breast Cancer Survival yang juga penyintas kanker payudara, Cathy Leman, mengatakan beberapa makanan sehat dapat mengurangi peradangan payudara, membantu menjaga berat badan, dan meningkatkan metabolisme.

"Semua dapat membantu dan mengurangi, tetapi tidak menghilangkan risiko kanker payudara," jelas Cathy Leman.

Satu dari delapan wanita memiliki risiko terkena kanker payudara, tidak menutup kemungkinan kalau pria dewasa pun berisiko. Faktor keturunan atau riwayat keluarga juga menjadi salah satu penyebab kanker payudara.

Dikutip dari Cosmopolitan, berikut makanan yang harus dikonsumsi agar payudara tetap kencang dan sehat.

1. Bawang putih

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, bawang putih dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan payudara. Bawang putih dapat menjadi campuran dalam olahan masakan agar terasa lebih nikmat.

2. Kacang-kacangan

"Karena kandungan serat yang tinggi, semua jenis tumbuhan keping ganda seperti kacang bermanfaat," kata Leman. Ia juga menambahkan, mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat mengurangi diagnosis awal dan risiko kambuhnya penyakit. Studi menemukan dalam 10 gram serat yang dimakan setiap hari dapat menurunkan lima persen risiko terkena kanker payudara.

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin yang merupakan antioksidan alami. Ahli Diet The Johns Hopkins Hospital Ginger Muscalli memperingatkan bagi mereka yang merasa gelisah setelah meminum teh hijau untuk memulainya secara perlahan. Setelah itu jumlah konsumsi teh hijau dapat ditingkatkan, segelas saat makan malam atau saat makan siang.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu yang mengandung probiotik. Kandungan di dalamnya bagus untuk melancarkan pencernaan, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan meningkatkan imunitas.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]