Rabu, 04 Nov 2020 19:31 WIB

6 Tips dan Fakta Bercinta di Masa Kehamilan

Zintan Prihatini - detikHealth
The girl is holding a snapshot of an ultrasound twin in the fourth week of pregnancy. First trimester. Confirmation of pregnancy Tidak ada salahnya bercinta saat hamil. (Foto: Getty Images/iStockphoto/September15)
Jakarta -

Hamil merupakan sebuah anugerah bagi pasangan suami-istri. Memiliki keturunan yang baik jadi hal yang diidam-idamkan, oleh karena itu sebagian ibu mungkin khawatir dengan kemungkinan risiko dari berhubungan seksual di masa kehamilan.

Berikut fakta seputar kehamilan dan tips aman bercinta saat masa kehamilan yang dikutip dari healthline:

1. Cek seberapa aman melakukan seks saat hamil

Periksakan kondisi kehamilan pada dokter kandungan dan tanyakan apakah melakukan seks di usia kehamilan yang telah berjalan aman dilakukan. Dokter kandungan maupun bidan akan menjelaskan kemungkinan risiko seks di usia kehamilan tertentu.

Namun bukan berarti seks saat hamil tidak bisa dilakukan. Asisten Dokter dan Konselor Seks di Bidang Urologi Aleece Fosnight mengatakan orgasme atau kenikmatan seksual yang dirasakan wanita hamil dapat menenangkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Manfaat ini bisa juga dirasakan sang bayi.

2. Pemanasan sebelum seks

Jika sudah mengetahui bahwa seks aman dilakukan selama masa kehamilan, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana tubuh bekerja ketika berhubungan seks. Beberapa hormon yang dihasilkan mungkin bisa membuat ibu hamil merasa vagina kurang nyaman saat bercinta.

Fosnight menyarankan untuk melakukan pemanasan atau foreplay dengan hati-hati sebelum melakukan seks.

3. Lebih mudah orgasme

Penulis buku sekaligus psikolog dan terapis seks Stephanie Buehler menyebut beberapa wanita bisa merasakan orgasme untuk pertama kalinya justru saat hamil. Ini karena selama masa kehamilan terjadi perubahan hormon dan aliran darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]