Jumat, 06 Nov 2020 23:00 WIB

5 Tahapan yang Dialami Wanita Saat Menuju Orgasme

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pasangan orgasme Proses menuju orgasme (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Orgasme adalah suatu momen saat seseorang mencapai puncak gairah seksual. Hal ini sejenis perasaan kenikmatan dan sensasi fisik yang kuat untuk melepaskan nafsu seks yang menumpuk.

Puncak kenikmatan bercinta ini tidak didapat begitu saja. Ada proses yang harus dilalui secara bertahap untuk mencapainya.

Dikutip dari Insider, berikut 5 proses orgasme pada wanita:

1. Kegembiraan memuncak

Ketika seorang wanita dirangsang secara fisik atau psikologis, pembuluh darah dalam alat kelaminnya akan membesar. Meningkatnya aliran darah menyebabkan vulva membengkak dan cairan melewati dinding vagina. Setelah itu vulva bengak dan basah, akhirnya bagian atas vagina mengembang.

2. Denyut jantung lebih cepat

Pelebaran pembuluh darah saat orgasme dapat meningkatkan tekanan darah serta denyut jantung dan pernapasan lebih cepat. Selain itu, efek lain yang muncul adalah bagian fisik tertentu yang tampak memerah, seperti leher dan dada.

3. Plateau

Saat aliran darah mencapai batasnya, area bawah vagina akan mengencang. Payudara akan membesar dan meningkatkan aliran darah ke area sekitar puting.

4. Puncak orgasme

Otot genital termasuk uterus dan introitus akan mengalami kontraksi sekian detik. Orgasme pada wanita biasanya berlangsung lebih lama daripada pria dengan rata-rata waktu sekitar 13-51 detik.

Tidak seperti pria, kebanyakan wanita tidak memiliki periode refraktori (pemulihan) sehingga dapat mengalami orgasme lebih lanjut jika dirangsang lagi.

5. Klimaks dan resolusi

Tubuh secara bertahap kembali pada keadaan semula dengan pengurangan pembengkakan dan perlambatan denyut nadi dan pernapasan.



Simak Video "Sudah Direhab Masih Terjerumus Narkoba, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)