Jumat, 13 Nov 2020 20:00 WIB

Apakah Bercinta Saat Menstruasi Bisa Sebabkan Kehamilan?

Firdaus Anwar - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Bercinta saat menstruasi menyebabkan kehamilan? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Dalam kondisi normal sperma diketahui bisa bertahan sampai 5 hari di dalam organ reproduksi wanita. Terkait hal tersebut, mungkin ada yang penasaran bagaimana bila terjadi menstruasi? Apakah sperma tetap dapat bertahan dan menyebabkan kehamilan?

Menurut konsultan WebMD, dr Shaziya Allarakha, sperma sebetulnya dapat bertahan sama saja dalam kondisi menstruasi. Artinya tidak menutup kemungkinan terjadi pembuahan dan kehamilan bila sperma bisa bertahan di dalam organ reproduksi sampai menstruasi selesai.

"Jadi bila seorang wanita bercinta saat menstruasi, sperma dari ejakulasi bisa bertahan di dalam organ reproduksi dan membuahi sel telur ketika terjadi ovulasi," kata dr Shaziya seperti dikutip dari MedicineNet, Jumat (13/11/2020).

Rata-rata wanita memiliki siklus ovulasi setiap 28 hari. Tapi, kadang ada wanita yang memiliki siklus ovulasi lebih singkat yaitu sampai 7 hari.

"Wanita yang siklusnya singkat bisa mengalami ovulasi di hari ke tujuh. Sementara sperma bertahan selama lima sampai enam hari di dalam organ reproduksi. Jadi bila kamu bercinta di hari terakhir menstruasi, ada kemungkinan kamu akan hamil," papar dr Shaziya.



Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)