Kamis, 19 Nov 2020 19:31 WIB

4 Pantangan Sehabis Bercinta, Patuhi Jika Ingin Sehat

Farah Nabila - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Pantangan sehabis bercinta (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sesaat setelah berhubungan seks, kemungkinan besar seseorang sedang menikmati banjir hormon yang memicu rasa kantuk dan rileks. Namun ada beberapa hal yang harus dihindari setelah berhubungan seks untuk membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Beberapa hal yang perlu dihindari seperti menghindari penggunaan parfum di area intim dan menggunakan pakaian ketat. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh tetap sehat setelah berhubungan seks.

Dikutip dari Insider, berikut hal-hal yang harus dihindari setelah berhubungan seks.

1. Memakai parfum di area organ intim

Produk yang memiliki kandungan pewangi dapat mengiritasi kulit internal dan eksternal dan harus dihindari setelah berhubungan seks, terutama bagi wanita. Usai bercinta, rutinlah membersihkan area intim sesederhana dan selembut mungkin, ini adalah cara terbaik untuk kesehatan organ intim.

Hal ini memastikan tidak ada risiko iritasi di area intim karena aroma atau bahan kimia yang keras.

2. Menggunakan pakaian ketat setelah berhubungan seks

Menggunakan pakaian ketat setelah berhubungan seks merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Hal ini karena dapat menyebarkan bakteri di sekitar vagina.

Menurut spesialis kandungan dan ginekologi serta penasehat di Remedy Review, Dr Carolyn DeLucia, terdapat kelebihan cairan tubuh dan gesekan yang menyebarkan bakteri di sekitarnya, dan sebaiknya biarkan area tersebut terkena udara bebas terlebih dahulu.

Ia juga mengatakan lebih baik tidak mengenakan apa-apa atau hanya pakaian longgar setelah berhubungan seks sehingga tubuh dapat sedikit membersihkan dirinya sendiri.

3. Langsung mengambil ponsel atau remote TV

Usai berhubungan seks merupakan momen yang bisa menjadi trik jitu menjalin ikatan dengan pasangan. Hindari langsung bermain handphone atau sibuk menonton TV.

"Bersama dengan pasangan dapat meningkatkan hubungan intim Anda. Salah satu hormon yang kita lepaskan setelah berhubungan seks, disebut oksitosin, adalah hormon pengikat," ujar DeLucia.

Menelusuri media sosial atau menonton TV membatasi peluang Anda untuk menikmati perasaan bahagia pasca seks, oleh karena itu nikmatilah selagi bisa.

4. Menyimpan mainan seks tanpa dibersihkan

Hindari menyimpan mainan seks tanpa membersihkannya secara menyeluruh. Menyimpan mainan seks tanpa dibersihkan dapat meningkatkan risiko infeksi.

"Mainan biasanya bersifat sintetis dan dapat menampung bakteri," kata DeLucia.

Memperhatikan petunjuk khusus mainan seks untuk tetap bersih sangat penting untuk kesehatan organ vital. Mainan seks dapat dibersihkan dengan air hangat dan sabun yang lembut untuk menjaga kualitas dan kebersihannya.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)