Kamis, 19 Nov 2020 08:25 WIB

Round Up

Toko Obat Habib Viral Gara-gara Nikita Mirzani, Kenali Regulasinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
instagram nikita mirzani soal toko obat di malang Toko Obat Habib di salah satu unggahan Nikita Mirzani (Foto: Tangkapan Layar)
Jakarta -

Toko Obat Habib sempat viral gara-gara Nikita Mirzani menyebutnya di salah satu unggahan medsos. Unggahan ini masih terkait saling sindir dengan Habib Rizieq Shihab yang dikaitkannya dengan tukang obat.

Dalam unggahan yang kini telah dihapus, Nikita Mirzani menyebut bahwa Toko Obat Habib beneran ada di Kediri, Jawa Timur. Belakangan, 'Toko Obat Habib' ditemukan juga di Malang, yang sebenarnya adalah depot jamu milik Habib Abdul Kadir.

Meski sama-sama menjual obat-obatan, 'toko obat' ternyata berbeda dengan 'apotek'. Dengan depot jamu yang menjual obat tradisional, juga tidak bisa disamakan. Begini perbedaannya.

Toko Obat

Sekjen Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), Noffendri, S.Si, Apt, menjelaskan, toko obat merupakan tempat praktik tenaga teknis kefarmasian. Umumnya lulusan D3 farmasi.

Selain itu, kewenangan toko obat juga terbatas. Hanya obat-obat dalam kategori obat bebas dan bebas terbatas yang bisa dijual di toko obat.

Obat bebas ditandai dengan lingkaran warna biru, sedangkan obat bebas terbatas ditandai dengan lingkaran warna hijau. Keduanya bisa dibeli tanpa resep dokter.

Apotek

Berbeda dengan toko obat, apotek punya regulasi yang lebih ketat. Tidak hanya mempekerjakan tenaga teknis kefarmasian, apotek juga harus memiliki seorang apoteker penanggungjawab. Apoteker adalah lulusan S1 Farmasi yang sudah mengambil program profesi apoteker dan mengucapkan sumpah profesi.

Begitu juga dengan jenis obat yang dijual, apotek lebih beragam. Selain obat bebas dan bebas terbatas, apotek juga menjual obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Bahkan, obat golongan narkotika dan psikotropika juga bisa dijual di apotek.

Toko Obat Habib Disebut Nikita Mirzani di Ada MalangDepot jamu di Malang yang disebut 'Toko Obat Habib', berlokasi di Malang, Jawa Timur. Foto: Muhammad Aminudin

Depot jamu

Nah, kalau depot jamu beda lagi. Jamu sendiri merupakan salah satu kategori obat tradisional, yang khasiat dan keamanannya belum dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinis maupun uji klinis. Khasiatnya cukup dibuktikan berdasarkan pengalaman empiris turun temurun.

"Kalau depot jamu itu kami belum tahu update peraturannya seperti apa, perizinannya seperti apa. Saya lihat pemerintah belum mengatur secara khusus untuk depot jamu," jelas Noffendri.

Sudah jelas kan bedanya? Pastikan kalau mau menebus resep dokter tidak datang ke Toko Obat Habib, apalagi Depot Jamu Habib.



Simak Video "Pantau Keamanan Vaksin Corona, Perusahaan Farmasi Wajib Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)