Senin, 23 Nov 2020 22:30 WIB

4 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Gairah Seks 'Byar-Pet'

Kanya Anindita - detikHealth
Pasangan yang memiliki masalah ranjang. Gairah seks menurun (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Rendahnya libido pada pria menjadi penyebab utama dari turunnya gairah seks. Hilangnya minat seks dari waktu ke waktu adalah hal yang umum, namun jika terjadi dalam jangka waktu panjang perlu diwaspadai.

Hormon testosteron dalam libido berfungsi untuk membangun otot dan massa tulang, serta merangsang sperma. Penurunan testosteron ditandai sebagai penuaan yang dapat menurunkan gairah seks.

Dikutip dari Healthline, berikut 4 penyebab rendahnya libido pada pria:

1. Penyakit kronis

Pengidap penyakit kronis kemungkinan mengalami penurunan seks karena kondisi kesehatan. Beberapa penyakit kronis yang memengaruhi libido turun adalah diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, paru-paru kronis, jantung, gagal hati, dan penyakit ginjal.

2. Masalah tidur

"Pria nonobesitas dengan obstructive sleep apnea (OSA) mengalami kadar testosteron yang rendah, sehingga dapat menurunkan libido dan gairah seks," ungkap Studi di Journal of Clinical Sleep Medicine. Kadar testosteron menurun setelah seminggu pembatasan tidur hingga lima jam setiap malamnya.

3. Penuaan

Kadar testosteron yang terkait dengan libido berada pada titik tertinggi ketika pria berusia belasan. Menjelang usia tua, pria membutuhkan waktu lebih lama untuk mengalami orgasme, ejakulasi, hingga terjadi rangsangan seks.

4. Depresi

Pengidap depresi cenderung kehilangan minat pada hal-hal menyenangkan, termasuk aktifitas seks. Libido rendah adalah salah satu efek samping dari beberapa obat-obatan antidepresan.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)