Rabu, 25 Nov 2020 20:16 WIB

Perlu Tahu, 7 Makanan Pendongkrak Libido dan Kesuburan

Zintan Prihatini - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Makanan pendongkrak libido dan kesuburan (Foto: iStock)
Jakarta -

Infertilitas bisa terjadi pada pria maupun wanita. Untuk mengurangi risikonya, pola hidup sehat dan asupan makanan wajib diperhatikan. Sederet makanan bernutrisi bisa tingkatkan kesuburan dan libido pada wanita.

Menurut The Center for Disease Control and Prevention (CDC) sekitar 1 dari 10 wanita bisa mengalami kemandulan. Menjaga pola makan yang sehat penting untuk diterapkan. Konsumsi beberapa makanan tertentu secara alami dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.

Infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan seperti endometriosis, PCOS, dan ketidakseimbangan hormon. Dikutip dari Kaldas Center, berikut tujuh makanan yang mampu tingkatkan kesuburan dan libido pada wanita.

1. Rumput laut

Rumput laut kaya akan nutrisi yang membantu memperbaiki hati, ginjal, kandung kemih, dan adrenal yaitu kelenjar yang penting untuk kesehatan kesuburan.

2. Ikan salmon

Ikan salmon dikenal memiliki asam lemak omega-3 yang terbukti mengatur aliran darah ke organ reproduksi. Hal itu yang membuat ikan salmon bagus untuk kesuburan baik pada pria maupun wanita.

3. Tiram

Tiram dapat meningkatkan libido, bukan hanya itu tiram juga bisa menjadi sumber kesuburan yang baik karena mengandung zinc yang bisa meningkatkan produksi telur berkualitas baik.

4. Berry

Semua jenis berry bagus untuk melindungi sel telur dari kerusakan dan penuaan karena sifatnya yang kaya akan antioksidan. Jenis berry seperti stroberi, telah dikaitkan dengan peningkatan libido wanita secara alami.

5. Kacang-kacangan

Kacang mengandung protein tanpa lemak dan tinggi zat besi, yang membantu meningkatkan kesuburan dan libido. Kadar zat besi yang rendah dapat mengakibatkan anovulasi, yaitu saat ovulasi tidak menghasilkan sel telur yang sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Yuk! Kenali Penyebab dan Solusi Infertilitas"
[Gambas:Video 20detik]