Jumat, 11 Des 2020 22:04 WIB

3 Fakta Unik Tisu Magic, Sering Dipakai Juga Saat Cedera Olahraga

Kanya Anindita - detikHealth
Young woman cleaning fingers and hands with wet wipes Fakta unik tisu magic (Foto: iStock)
Jakarta -

Bentuknya memang seperti tisu pada umumnya, tetapi fungsi utamanya bukan untuk menyeka cairan maupun kotoran. Tisu magic kerap dipakai untuk meningkatkan performa saat bercinta.

Salah satu alat bantu seks ini banyak dipakai pria untuk membuat organ intim mati rasa, dengan harapan jadi lebih tahan lama. Makin tidak sensitif, makin lama orgasme bisa ditunda.

Tidak sulit mendapati tisu magic di toko-toko swalayan maupun apotek. Popularitasnya di kalangan pria dewasa juga sudah tidak diragukan lagi.

Namun ada beberapa hal yang penting diketahui. Di antaranya sebagai berikut.

1. Tidak mengatasi ejakulasi dini

Bagian ujung penis yang diusap tisu basah bisa menjadi kebas atau mati rasa. Pria berharap bisa ereksi lebih lama dengan kulit yang kebas selama kurun waktu tertentu.

"Namanya juga usaha untuk mengatasi ejakulasi dini, tentu boleh mengusahakan berbagai cara. Namun efeknya tidak akan lama bagi yang sudah merasakan manfaatnya. Sedangkan bagi yang lain mungkin tidak merasakan manfaatnya, karena memang ejakulasi dini tidak bisa diatasi hanya dengan tisu magic," kata pakar andrologi dan seksologi, Prof dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS.

2. Berisiko bagi kesehatan kulit penis

Kontak langsung antara kulit dengan tisu magic ternyata berisiko bagi kesehatan penis. Kulit pada penis yang cenderung sensitif berisiko memancing reaksi alergi akibat bahan-bahan tisu magic.

"Untuk setiap bahan kadang bisa menimbulkan alergi, namun pada orang-orang tertentu. Karena kulit area penis cenderung sensitif," kata dokter pesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali.

3. Kadang dipakai untuk cedera saat olahraga

Efek tisu magic yang bisa membuat kebas kerap kali digunakan saat cedera saat berolahraga. Menurut praktisi kesehatan olahraga, dr Sophia Benedicta Hage, SpKO, efeknya hanya sementara dan tidak mengurangi bengkak.

"Tisu magic bisa meredakan cedera? Enggak. Mendingan beli es batu," katanya.

"Yang berbahaya adalah ketika cedera namun kita tidak mengurangi bengkaknya," ujar dr Sophia.



Simak Video "Beda Pendapat Ahli soal Efektivitas Masker Scuba Dilapisi Tisu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)