Rabu, 23 Des 2020 19:31 WIB

7 Kebiasaan Simpel yang Bisa Bikin Gairah Seks Meledak-Ledak

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Front view of happy young couple in pajamas decided to have fun by playing under red blanket during long days of quarantine at home. 7 Kebiasaan simpel yang bisa membuat gairah seks jadi meledak-ledak. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/fotostorm)
Jakarta -

Dorongan seksual atau libido akan berbeda tiap individunya. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur, gaya hidup atau kondisi kesehatan tertentu. Maka tak heran penurunan libido dapat mudah terjadi pada tiap individu.

Penurunan libido diartikan sebagai penurunan minat dalam melakukan aktivitas seksual. Studi menemukan bahwa sepertiga wanita dan 15 persen pria cenderung mengalami penurunan libido secara teratur. Jika tak ditangani dengan segera, libido yang rendah untuk jangka waktu yang lama dapat menimbulkan dampak terutama bagi keintiman Anda dengan pasangan.

Tak usah khawatir, dikutip dari Time, ada 7 gaya hidup yang dapat dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual. Berikut ini daftarnya:

1. Buat rencana kencan rutin

Membangun suasana romantis dengan pasangan dapat dilakukan dengan melakukan kencan secara rutin. Anda dapat melakukan aktivitas seperti menonton film atau makan malam romantis seperti saat pertama kali bertemu. Direktur Program Pengobatan Seksual di Stanford Hospital and Clinics, Leah Millheiser MD, menjelaskan bahwa suasana rileks yang tercipta setelah melakukan kencan dapat meningkatkan dorongan seksual Anda dan pasangan.

2. Atur suasana kamar menjadi romantis

Suasana kamar berperan vital dalam keharmonisan seseorang dan pasangannya selama diranjang. Jika kamar berantakan, bercampur dengan mainan anak-anak atau mungkin hewan piaraan, akan membuat gairah seks menjadi menurun. Millheiser menyarankan untuk mengatur kembali kamar agar terlihat rapi dan romantis dengan warna-warna cerah dan motif ceria agar libido Anda dan pasangan mudah naik.

3. Lakukan pekerjaan rumah bersama dan merata

Salah satu penyebab turunnya libido adalah kesibukan bekerja. Millheiser menilai bahwa ketika pulang ke rumah, banyak pasangan yang lekas melakukan pekerjaan rumah, langsung beristirahat atau fokus terhadap anak-anak hingga membuat keintiman berkurang. Hal inilah yang menurut Millheiser membutuhkan pembagian pekerjaan rumah yang merata sehingga tak hanya satu orang yang dibebani oleh pekerjaan rumah. Ia juga menyarankan pasangan untuk mengerjakan pekerjaan tumah bersama agar lebih banyak waktu bersama yang terjalin.

4. Masukan seks sebagai daftar rutinitas

Rutinitas harian seperti rapat kerja dan bertemu klien menjadi hal yang secara otomatis Anda lakukan. Tak ada salahnya untuk memasukan seks sebagai rutinitas kalian. Dengan cara ini, seseorang akan merasa terdorong untuk menjaga komitmen ini dan cenderung menjadikan seks sebagai bagian yang menyenangkan.

5. Rutin konsumsi buah-sayur

Studi yang dipublikasikan pada Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa wanita yang berkolesterol tinggi mengalami risiko untuk sulit mencapai orgasme. Ketika kolesterol tinggi, pembuluh darah akan menyempit dan menyebabkan aliran darah ke anggota tubuh seperti organ reproduksi menjadi terhambat dan menyebabkan seseorang sulit mencapai orgasme. Untuk itu, ahli menyarankan untuk melakukan eat clean untuk cegah tingginya kolesterol dalam tubuh dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur.

6. Konsumsi makanan afrodisiak

Afrodisiak adalah sebutan bagi makanan yang dinilai ampuh untuk meningkatkan gairah seksual. Makanan afrodisiak ampun untuk memperlancar aliran darah ke organ reproduksi dan mempercepat laju rangsang saraf ke dan dari otak. Untuk itulah, kondisi seseorang menjadi berkualitas dalam hubungan seks sebab secara psikis, aliran darah yang lancar membuat seseorang lebih berstamina melakukan seks dan secara psikologis menjadi lebih rileks. Contoh makanan afrodisiak adalah alpukat dan apel.

7. Rutin berolahraga

Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih fit dan berstamina. Sebuah studi menemukan bahwa rutin berolahraga dapat mencegah stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan kepercayaan diri. Millheiser berpendapat bahwa olahraga memegang peranan kunci meningkatkan libido seks seseorang. Ia menyarankan untuk berolahraga selama 30 menit tiap harinya.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)